Record Details

Penanaman Nasionalisme Melalui Kearifan Lokal dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Economic: Journal of Economic and Islamic Law

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penanaman Nasionalisme Melalui Kearifan Lokal dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
 
Creator Sahri, Iksan Kamil
 
Description Salah satu masalah yang perlu mendapat perhatian di era globalisasi sekarang ini adalah masalah identitas kebangsaan. Derasnya arus globalisasi dikhawatirkan anak berdampak pada terkikisnya rasa kecintaan terhadap budaya lokal. Agar eksistensi budaya lokal tetap kukuh, maka kepada generasi penerus bangsa perlu ditanamkan rasa cinta terhadap budaya daerah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme. Nasionalisme adalah suatu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. Nasionalisme dapat menonjolkan dirinya sebagai bagian paham negara atau gerakan (bukan negara) yang populer berdasarkan pendapat warga negara, etnis, budaya, keagamaan, dan ideologi. Salah satu cara yang dapat ditempuh guru di sekolah adalah dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam proses Pembelajaran Agama Islam di sekolah. Banyak nilai-nilai baik dalam tradisi lokal kita yang dapat dijadikan media pembelajaran. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal ke dalam pembelajaran agama Islam diharapkan nasionalisme siswa akan tetap kukuh terjaga di tengah-tengah derasnya arus globalisasi. Nasionalisme adalah suatu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. Nasionalisme dapat menonjolkan dirinya sebagai bagian paham negara atau gerakan (bukan negara) yang populer berdasarkan pendapat warga negara, etnis, budaya, keagamaan, dan ideologi.
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Jurusan Tarbiyah
 
Date 2017-08-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/2915
10.36781/tarbawi.v4i1.2915
 
Source TARBAWI; Vol. 4 No. 1 (2015): SEPTEMBER; 109-118
2597-6672
2252-5882