Record Details

Urgensi Pendidikan Orang Dewasa dalam Pemberdayaan Masyarakat Adat Kampung Naga

Economic: Journal of Economic and Islamic Law

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Urgensi Pendidikan Orang Dewasa dalam Pemberdayaan Masyarakat Adat Kampung Naga
 
Creator Al-Rasyid, Gunawan Ghulam
 
Description Penelitian ini akan membuktikan bahwa involusi budaya masyarakat adat disebabkan oleh desakan pembaharuan. Semakin konservatif, semakin menolak inovasi."Andragogiā€ berasal dari bahasa Yunani yaitu andr yang berarti orang dewasa dan agogos yang berarti memimpin atau membimbing", maka dengan demikian andragogi dirumuskan sebagai suatu ilmu dan seni dalam membantu orang dewasa belajar, Berdasarkan pengertian tersebut, bahwa pendidikan orang dewasa adalah suatu proses belajar yang sistematis dan berkelanjutan pada seseorang yang memiliki status dewasa (berdasarkan ciri utama peran sosialnya) dengan tujuan untuk mencapai perubahan pada pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilannya. Dalam Al-Quran dan Hadith mengatakan bahwa "Agama Islam memberikan dorongan kuat agar pemeluknya senantiasa belajar", agama memberikan motivasi kepada masyarakat bahwa belajar itu merupakan kewajiban setiap pemeluk agama.Motivasi agama bagi manusia, untuk mengembangkan kemampuan berpikir dalam mengolah potensi alam, telah ditegaskan di dalam Al-Quran, sehingga pembelajaran keagamaan di dalam masyarakat memiliki posisi, agama secara sosiologis dapat digolongkan ke dalam tiga peran, peran suplementer, peran komplementer dan peran pionir. Sumber primer yang dipakai dalam penelitian ini adalah ketua dan anggota masyarakat adat Kampung Naga.Sedangkan sumber sekunder adalah literature yang relevan dengan fokus penelitian ini.Metode penelitian ini menggunakan participatory action research dengan pendekatan antropologi pendidikan.
 
Publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Jurusan Tarbiyah
 
Date 2017-08-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/2913
10.36781/tarbawi.v4i1.2913
 
Source TARBAWI; Vol. 4 No. 1 (2015): SEPTEMBER; 37-59
2597-6672
2252-5882