Transformasi Sistem Pendidikan Islam: Adaptasi Paradigma Kritis-Transformatif
Economic: Journal of Economic and Islamic Law
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Transformasi Sistem Pendidikan Islam: Adaptasi Paradigma Kritis-Transformatif
|
|
Creator |
Maisarah, Masayu Mashita
|
|
Description |
Tulisan ini mengkaji problem paradigma dan kondisi umat Islam di Indonesia yang ternyata sebagian besar masih tergolong konservatif meskipun dalam main stream liberal, sehingga diperlukan upaya pergeseran paradigma menuju paradigma kritis-transformatif. Dengan menggunakan pendekatan historis, filosofis, dan psikologis, tulisan ini memberikan arahan baru dalam perkembangan pelaksanaan pendidikan Islam konvensional dengan membangkitkan semangat kritis transformatif yang berlandaskan prinsip profetik, yakni liberalisasi, humanisasi, dan transendensi.Konsep pendidikan Islam kritis transformatif ini akan menjadisalah satu katalis alternatif upaya pembaharuan secara fundamental melalui pemberdayaan seluruh potensi (fitrah) yang dimiliki, dengan mengubah rumusan paradigma pendidikan dan pengembangan kesadaran yang akan di adaptasi ke dalam beberapa aspek sistem pendidikan Islam.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Jurusan Tarbiyah
|
|
Date |
2017-08-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/2912
10.36781/tarbawi.v4i1.2912 |
|
Source |
TARBAWI; Vol. 4 No. 1 (2015): SEPTEMBER; 9-36
2597-6672 2252-5882 |
|