Record Details

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah BMT Global Madani Indonesia: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH BMT GLOBAL MADANI INDONESIA

SAUJANA : Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah BMT Global Madani Indonesia: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH BMT GLOBAL MADANI INDONESIA
 
Creator Sundari
Diah Syifaul A’yuni
Muawanah
Ainun Nur Rofikoh
 
Subject kualitas pelayanan
kepuasan nasabah
Baitul Maal wa Tamwil
 
Description Karena perkembangan BMT di Indonesia sangat signifikan maka akan terjadi persaingan yang semakin sulit dan membutuhkan berbagai strategi agar bisa berkembang dan memperoleh banyak anggota. Maka dari itu salah satu strategi yang harus diperhatikan adalah mengenai pelayanan, karena dengan adanya pelayanan yang berkualitas maka anggota akan menjadi puas dan tetap melakukan transaksi. Karena BMT Global Madani Indonesia adalah BMT yang saat ini sedang berkembang, sehingga BMT tersebut memerlukan suatu langkah yang tepat untuk meningkatkan kepuasah nasabah-nasabahnya. Oleh karena itu, penulis memilih BMT Global Madani Indonesia sebagai tempat penelitian dengan harapan bisa memberikan suatu manfaat bagi kemajuan BMT Global Madani dari hasil penelitian yang dilakukan ini. Analisis dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner akan dianalisis berdasarkan bagaimana kualitas pelayan terhadap nasabah BMT Global Madani. Dengan demikian akan diperoleh kesimpulan tentang bagaimana kualitas pelayan terhadap nasabah BMT Global Madani. Hasil dari analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bukti fisik, kehandalan, daya tangkap, jaminan, dan kepedulian terhadap nasabah berpengarus signifikan terhadap kepuasan nasabah, hal ini di tandakan dengan jawaban dari kuesioner yang mayoritas menyatakan setuju pada semua peryataan yang ada di kuesioner. Hasil yang signifikan ini akan membawa pengaruh besar apabila kualitas pelayanan dapat dikelola dengan baik, karena akan meningkatkan kepuasan nasabah.
 
Publisher STEI Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur
 
Date 2020-11-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.steikassi.ac.id/index.php/111/article/view/28
 
Source SAUJANA : Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah; Vol. 2 No. 02 (2020): SAUJANA: Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah; 41-52
saujana stei; Vol 2 No 02 (2020): SAUJANA: Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah; 41-52
2684-9364
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.steikassi.ac.id/index.php/111/article/view/28/16
 
Rights Copyright (c) 2020 SAUJANA : Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah