Pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan Pembelian pada Sarikat Jaya Swalayan Gresik.
SAUJANA : Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan Pembelian pada Sarikat Jaya Swalayan Gresik.
|
|
Creator |
Albar, Kholid
|
|
Subject |
Retail Mix
Keputusan Pembelian Pelayanan Pelanggan |
|
Description |
Di era globalisasi, sangat penting untuk terus mencari bentuk formula yang tepat dalam aktivitas bisnis, inovasi dari masing-masing usaha kerap ditunjukkan sebagai bagian dari persaingan usaha. Munculnya struktur dan strategi bisnis dengan menggunakan pendekatan inovatif modern berkontribusi pada penciptaan model yang menentukan pencapaian keunggulan kompetitif dan menghasilkan pendapatan yang optimal, maka perusahaan tersebut harus mampu menerapkan strategi retail mix (bauran retail) yang tepat agar dapat menarik lebih banyak pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel retail mix secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada Sarikat Jaya Swalayan di Gresik dan untuk mengetahui bauran mana dari retail mix yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Sarikat Jaya Swalayan Gresik. Responden sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument yang berupa kuesioner. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari variabel-variabel retail mix (bauran eceran) ada lima (5) variabel yang lebih berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen yaitu produk dengan koefisien 0, 426, harga dengan koefisien 0,302, pelayanan pelanggan dengan koefisien 0,827, suasana toko dengan koefisien 0,166, dan lokasi dengan koefisien 0,126. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasanya secara bersama-sama variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Sarikat Jaya Swalayan Gresik. Secara sendiri – sendiri variabel – variabel yang berpengaruh positif adalah produk, harga, dan pelayanan pelanggan. Variabel dari bauran retail yang dominan terhadap keputusan pembelian konsumen adalah pelayanan pelanggan. |
|
Publisher |
STEI Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur
|
|
Date |
2020-05-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.steikassi.ac.id/index.php/111/article/view/18
|
|
Source |
SAUJANA : Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah; Vol. 2 No. No. 01 (2020): SAUJANA: Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah; 32-59
saujana stei; Vol 2 No No. 01 (2020): SAUJANA: Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah; 32-59 2684-9364 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.steikassi.ac.id/index.php/111/article/view/18/3
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 SAUJANA : Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah
|
|