Record Details

PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN PENGARUH SOSIOBUDAYA DALAM BELAJAR

At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN PENGARUH SOSIOBUDAYA DALAM BELAJAR
 
Creator AFINA WASTYANTI, M.Pd
 
Description Abstrak Aspek kognitif anak tingkat dasar merupakan salah satu aspek psikologis yang perlu dipahami dan dihayati oleh seorang pendidik. Pemahaman dan pengahayatan ini dipandang penting sebab hakikatnya pembelajaran yang diselenggarakan pendidik harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan kognitif anak. Proses adaptasi manusia dalam menghadapi pengetahuan baru juga ditentukan oleh fase perkembangan kognitifnya Setiap tahapan berkaitan dengan usia dan terdiri atas cara pikir yang berbeda-beda. Piaget mengajukan empat tahapan perkembangan kognitif, yaitu sensorimotor, praoprasional, operasional konkrit, operasional formal. Program pengajaran di sekolah yang baik adalah yang mampu memberikan dukungan besar kepada para siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas perkembangan mereka. Ranah psikologis siswa yang terpenting adalah ranah kognitif. Ranah kejiwaan yang berkedudukan pada otak ini, dalam prespektif psikologi kognitif adalah sumber sekaligus pengendali ranah-ranah kejiwaan lainnya, yaitu ranah afektif (rasa) dan ranah psikomotorik (karsa). Sementara Piaget memandang anak-anak sebagai pembelajaran lewat penemuan individual. Sedangkan Vygotsky lebih banyak menekankan peranan orang dewasa dan anak-anak lain dalam memudahkan perkembangan anak. Menurut Vygotsky, anak-anak lahir dengan fungsi mental yang relatif dasar seperti kemampuan untuk memahami dunia luar dan memusatkan perhatian. Namun, anak-anak tak banyak memiliki fungsi mental yang lebih tinggi seperti ingatan, berpikir, dan menyelesaikan masalah. Menurut Vygotsky, pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan kognitif telah melahirkan konsep perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif manusia ini berkaitan erat dengan perkembangan bahasanya. Karena bahasa merupakan kekuatan bagi perkembangan mental manusia. Dalam memandang konsep perkembangan kognitif manusia, maka tak lepas dari pandangan Islam. Dalam Islam, manusia memang makhluk yang memiliki dimensi-dimensi yang kompleks Suatu perkembangan yang dialami manusia terjadi dalam beberapa tahapan. Allah menciptakan manusia dengan tahap progresif pertumbuhan dan ini adalah sesuatu yang sudah dirancang oleh Allah SWT. Keyword: Filosof, Psikologi, Pendidikan, Perkembangan dan Kognitif
 
Publisher Program Studi PGMI IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk
 
Date 2020-05-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/At-Tahdzib/article/view/206
 
Source At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 6 No 01 (2021): AT-TAHDZIB Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Dasar; 59-71
Bahasa Indonesia; Vol 6 No 01 (2021): AT-TAHDZIB Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Dasar; 59-71
2503-3034
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/At-Tahdzib/article/view/206/147
 
Rights Copyright (c) 2021 AFINA WASTYANTI, M.Pd
http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/At-Tahdzib/issue/current