Record Details

KONSEP DAN URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER

At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONSEP DAN URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER
 
Creator Niken Ristianah
 
Description Karakter bangsa merupakan aspek penting dari kualitas sumber daya manusia karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Karakter yang berkualitas tersebut perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang. Kegagalan dalam penanaman kepribadian yang baik di usia dini akan membentuk pribadi yang bermasalah di masa dewasanya kelak. Kesuksesan orang tua membimbing anaknya dalam mengatasi konflik kepribadian di usia dini sangat menentukan kesuksesan anak dalam kehidupan sosial di masa dewasanya kelak. Pembentukan karakter individu dapat dimulai dari keluarga, dilanjutkan sekolah, dan masyarakat. Artinya, ketiga lembaga tersebut harus dapat bekerja sama dalam proses pembentukan karakter individu agar sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Implementasi pendidikan karakter tidak hanya transfer pengetahuan (transfer of knowledge) dan transfer nilai (transfer ofvalue) saja, namun harus lebih banyak pada aspek pembentukan sikap (affective domain) dan perubahan tingkah laku (change of behavior).
 
Publisher Program Studi PGMI IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk
 
Date 2021-07-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/At-Tahdzib/article/view/200
 
Source At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 5 No 01 (2020): AT-TAHDZIB Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Dasar; 93-119
Bahasa Indonesia; Vol 5 No 01 (2020): AT-TAHDZIB Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Dasar; 93-119
2503-3034
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/At-Tahdzib/article/view/200/141
 
Rights Copyright (c) 2020 Niken Ristianah
http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/At-Tahdzib/issue/current