Record Details

PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di UD. Ardian Kabupaten Nganjuk)

Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di UD. Ardian Kabupaten Nganjuk)
 
Creator Marsono, Adi
Musthofa, Moh. Saiful
Pransiska Dewi, Anggi
 
Subject Kualitas Pelayanan
Kepuasan Pelanggan
Perspektif Islam
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan di UD. Ardian; 2. Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen di UD. Ardian; 3. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di UD. Ardian.
Metode penelitian: Pola penelitian deskripsi dan komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ada dua yakni variabel indenpenden adalah kualitas pelayanan dan variabel dependen adalah kepuasan pelanggan. Sumber data: 1. Data primer: kuesioner pelanggan; 2. Sekunder: dokumentasi. Populasi: jumlah pembeli selama 3 bulan terakhir di periode 2021 berjumlah 106 pembeli. Sampling: Non-probability-Sampling Insidental. Sampel: 84 responden. Metode dan instrumen pengumpulan data: observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data: Data teoritis dianalisis dengan deduksi dan komparasi. Data empiris dianalisis dengan metode induksi dan analisis statistik menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian dan analisis data dari responden menunjukkan bahwa: 1.UD. Ardian memiliki respon kualitas pelayanan dengan level tinggi sebanyak 34.5%; 2. UD. Ardian memiliki respon kepuasan konsumen dengan level tinggi sebanyak 41.7%; dan 3. Terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di UD. Ardian dengan besarnya koefisien determinasi sebesar 94.1%.
 
Publisher Program Studi Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk
 
Date 2021-08-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/es/article/view/231
10.53429/jdes.v8i2.231
 
Source Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah; Vol 8 No 2 (2021): Juli 2021; 114-120
2715-7334
2654-3567
10.53429/jdes.v8i2
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/es/article/view/231/164
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0