Record Details

Analisis Hukum Islam Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Konveksi CV. Nuratina Collection dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Era Industri 4.0

Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Hukum Islam Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Konveksi CV. Nuratina Collection dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Era Industri 4.0
 
Creator Iswanto, Juni
Winarko, Puji
Munawarah, Zainatun
 
Subject Hukum Islam
Strategi Pemasaran
Persaingan Bisnis
Era 4.0
 
Description Dalam praktik muamalah dan ekonomi Islam, jual beli (al-bai’) adalah salah satu bentuk akad yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan manusia, hal ini disebabkan karena manusia setiap harinya tidak terlepas oleh kebutuhan yang bersifat pokok (darurat) maupun kebutuhan yang bersifat hajiah serta tahsiniah. Kehidupan modern ini terkadang seseorang ataupun kelompok memiliki permintaan atau kehendak untuk dibuatkan barang yang belum ada di pasaran yang sesuai dengan seleranya, seperti pakaian. Barang seperti ini biasanya di pesan untuk dibuat kepada orang yang ahli dalam bidangnya. Di era industri 4.0 seperti ini pemasaran juga bisa sangat diandalkan dengan cara dunia digital, pesatnya perkembangan teknologi informasi, yang terlihat pada masifnya penggunaan jaringan internet, turut mendongkrak kebutuhan masyarakat untuk senantiasa melakukan transaksi dagang menggunakan jaringan internet. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran usaha konveksi CV. Nuratina Collection dalam menghadapi persaingan bisnis ditinjau dari hukum Islam. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui strategi pemasaran usaha konveksi CV. Nuratina Collection dalam menghadapi persaingan bisnis ditinjau dari hukum Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer adalah pemilik dan pegawai dan sumber data sekunder berupa dokumentasi, serta arsip-arsip. Teknik dan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu melakukan pengamatan secara langsung degan mengandalkan daya imajinasi, antusias, dan daya kreasi peneliti. Uji keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti dan ketekunan pengamatan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran usaha konveksi CV. Nuratina Collection dalam menghadapi persaingan bisnis diera Industri 4.0 ditinjau dari hukum Islam.
 
Publisher Program Studi Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk
 
Date 2021-02-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/es/article/view/160
10.53429/jdes.v8i1.160
 
Source Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah; Vol 8 No 1 (2021): Januari 2021; 48-62
2715-7334
2654-3567
10.53429/jdes.v8i1
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/es/article/view/160/105
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0