PENGARUH DISPLAY PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO RAHAYU GRESIK
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH DISPLAY PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO RAHAYU GRESIK
|
|
Creator |
Mufarokhah, Nur
|
|
Subject |
Display Produk, Harga, Keputusan Pembelian Konsumen
|
|
Description |
Salah satu sektor yang strategis bagi perkembangan ekonomi Indonesia adalah usaha kuliner, perubahan gaya hidup konsumen yang semakin konsumtif merupakan salah satu dari beberapa hal guna mendorong para pengusaha kuliner mengembangkan ide-ide baru mengenai usaha kuliner modern untuk memenuhi keinginan konsumen. Display adalah salah satu komponen penting guna menarik perhatian dan minat konsumen, melalui daya tarik penglihatan langsung dan sangat beragam sehingga perlu untuk dilakukan identifikasi pengaruh pelaksanaan display produk dan penetapan harga terhadap keputusan pembelian. Penelitian kuantitatif ini menggunakan 100 responden sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan data primer dan data sekunder dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulannya. Data di analisis menggunakan regresi linier berganda dengan alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa display produk dan harga berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai koefisien korelasi 0,117, besarnya pengaruh variabel harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Rahayu Gresik sebesar 0,206 dengan nilai koefisien determinasi (R-Square) sebesar 0,506 yang artinya variabel display produk dan harga mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian konsumen pada Toko Rahayu Gresik sebesar 50,6%, sedangkan sisanya sebesar 49,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Adapun persamaan regresi linier berganda yaitu: KPK = 8,370 + 0,117DP + 0,206H. Sehingga perlu peningkatan pelaksanaan display produk melalui penataan atau perubahan display secara berkelanjutan setiap 3 bulan sekali, perancangan penataan display produk harus lebih menarik dan inovatif sesuai dengan selera konsumen, penawaran harga yang lebih murah dan menarik lewat program-program potongan harga untuk beberapa produk. Selain itu perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji variabel lain seperti kualitas produk, citra merk, kepercayaan merk, promosi dan variabel lainnya.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik
|
|
Date |
2016-12-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://journal.stienugresik.ac.id/index.php/jek/article/view/3
|
|
Source |
Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif; Vol 1 No 1 (2016): Desember; 25-35
2809-8021 2548-8015 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://journal.stienugresik.ac.id/index.php/jek/article/view/3/3
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|