Record Details

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Motivasi Pembelajaran di MI Al-Hikmah Karangrejo dan MI Sunan Ampel Bono

Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Motivasi Pembelajaran di MI Al-Hikmah Karangrejo dan MI Sunan Ampel Bono
 
Creator Purwasih, Galuh Dwi
 
Subject Pendidikan
PAI
Motivasi Pembelajaran
 
Description Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa menganggap pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kurang penting bagi mereka atau bisa di katakan bahwa siswa menyepelekan pelajaran PAI di karenakan pelajaran ini tidak masuk dalam pelajaran sekolah yang di UNAS-kan.Dalam Hal ini peneliti akan melihat bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi pembelajaran PAI di MI Al Hikmah Karangrejodan MI Sunan Ampel Bono Tulungagung .Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah pertama, Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi pembelajaran PAI di SMKN 1 Boyolangu dan MI Sunan Ampel Bono Tulungagung. Kedua, Bagaimana kendala-kendala yang di hadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi pembelajaran PAI di MI Al Hikmah Karangrejodan MI Sunan Ampel Bono Tulungagung? Ketiga, Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam mengatasi kendala-kendala yang di hadapi dalam menumbuhkan motivasi pembelajaran PAI di MI Al Hikmah Karangrejodan MI Sunan Ampel Bono Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi pembelajaran PAI di MI Al Hikmah Karangrejodan MI Sunan Ampel Bono Tulungagung.Penelitian ini bermanfaat bagi kepala MI Al Hikmah Karangrejo, dan kepala sekolah MI Sunan Ampel Bono Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), bagi para guru PAI MI Al Hikmah Karangrejodan MI Sunan Ampel Bono Tulungagung digunakan sebagai dasar acuan pembelajaran PAI. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau refrensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut.Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi pembelajaran PAI di MI Al Hikmah Karangrejodan MI Sunan Ampel Bono Tulungagungyang digunakan sebagai data penelitian. Sedangkan metode dokumentasi dan interview digunakan di gunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen MI.Upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi siswa adalah di antaranya melalui pengarahan, melalui penghargaan atau reward dan melalui penugasan. Adapun kendala-kendala yang dihadapi adalah siswa yang terlalu banyak, fasilitas atau sarana prasarana yang kurang, kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya ilmu Pendidikan Agama Islam, masalah Pendidikan Agama Islam tidak di UNAS-kan. Dan upaya guru untuk mengatasi kendala-kendala adalah sediikit mengeraskan suara dalam penyampaian pelajaran, memberi ketegasan pada siswa jika ramai, memberikan saran-saran dan pengarahan, merangkul siswa untuk berpartisipasi dalam menumbuhkan motivasi dalam Pendidikan Agama Islam untuk saling menasehati.
 
Publisher Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tabiyah Raden Santri Gresik
 
Date 2019-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stitradensantri.ac.id/index.php/tadrisuna/article/view/23
 
Source Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman; Vol. 2 No. 2 (2019): September 2019; 136-148
2620-3057
2615-8477
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stitradensantri.ac.id/index.php/tadrisuna/article/view/23/21
 
Rights Copyright (c) 2019 STIT Raden Santri Gresik