Implikasi Penerapan Strategi Pembelajaran Fiqih Terhadap Sikap Kritis Siswa
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implikasi Penerapan Strategi Pembelajaran Fiqih Terhadap Sikap Kritis Siswa
|
|
Creator |
Herawati, Heni
Nasiruddin Rozi, Syaikhu |
|
Subject |
Strategi Pembelajaran
Fiqih Sikap Kritis |
|
Description |
Dalam proses pembelajaran, guru Fiqih MTs Negeri 1 Mojokerto dan MTs Mamba’ul Ulum menggunakan strategi pembelajaran yang bermacam-macam. Hasil wawancara awal peneliti, diketahui bahwa guru sama-sama menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran kontekstual. Permasalahan yang kemudian muncul adalah walaupun menggunakan strategi yang sama, namun kadar sikap kritis yang ditunjukkan siswa berbeda antar kedua situs. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan tujuan : Pertama, Mengetahui Penerapan Strategi Pembelajaran Fiqih di MTs Negeri 1 Mojokerto dan MTs Mamba’ul Ulum. Kedua, Mengetahui Implikasi Strategi Pembelajaran Fiqih Terhadap Sikap Kritis Siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus multi situs. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Setelah dilakukan penelitian lapangan, hasilnya : pertama, pada MTs Negeri 1 Mojokerto, guru menerapkan strategi pembelajaran ekspositori, kontekstual, dan active learning. Di MTs Mamba’ul Ulum, guru menerapkan strategi pembelajaran ekspositori dan kontekstual. Kedua, Implikasi tiga strategi pembelajaran yang diterapkan guru MTs Negeri 1 Mojokerto membuat siswa kritis dengan bertanya, berpendapat, dan diskusi. Sementara dua strategi pembelajaran yang diterapkan guru MTs Mamba’ul Ulum membuat siswa kritis dengan bertanya dan sharing.
|
|
Publisher |
Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tabiyah Raden Santri Gresik
|
|
Date |
2019-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stitradensantri.ac.id/index.php/tadrisuna/article/view/21
|
|
Source |
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman; Vol. 2 No. 2 (2019): September 2019; 103-118
2620-3057 2615-8477 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stitradensantri.ac.id/index.php/tadrisuna/article/view/21/19
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 STIT Raden Santri Gresik
|
|