Quo Vadis Pendidikan Karakter di Indonesia
TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Quo Vadis Pendidikan Karakter di Indonesia
|
|
Creator |
Fahmi, Muhammad
Prasetia, Senata Adi ., Syaifuddin Nisa’, Zakiyatul |
|
Subject |
Revitalisasi
Pendidikan Karakter Kecerdasan Moral |
|
Description |
Artikel ini mendeskripsikan pentingnya implementasi pendidikan karakter di Indonesia. Melalui kajian kepustakaan, dapat ditegaskan bahwa pendidikan karakter penting untuk diterapkan di setiap sekolah untuk membekali siswa dan generasi bangsa agar memiliki kecerdasan moral, emosional, spiritual, intelektual, dan sosial. Pendidikan karakter memiliki peran strategis dalam membina anak bangsa yang berperadaban. Dengan demikian, desain pendidikan karakter yang dipaparkan banyak ilmuwan dan menjadi kebijakan akademik-kurikulum di negeri ini, harus dilaksanakan secara substantif dan serius. Di Indonesia, ada 18 nilai karakter yang diperkuat dengan regulasi, namun implementasi dari kedelapan belas nilai tersebut belum komprehensif, karena kurang didukung oleh sistem pembelajaran yang ada. Meski demikian, semua sepakat bahwa implementasi pendidikan karakter penting dilaksanakan di setiap jenjang sekolah. Sehingga revitalisasi pendidikan karakter di negeri ini menjadi satu pilihan tanpa dapat ditawar lagi.
|
|
Publisher |
STAI Ihyaul Ulum Gresik
|
|
Date |
2021-08-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/123
10.52166/tabyin.v3i01.123 |
|
Source |
TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM; Vol 3 No 01 (2021): Juli; 23-45
2686-0465 10.52166/tabyin.v3i01 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/123/64
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|