Record Details

Quo Vadis Pendidikan Karakter di Indonesia

TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Quo Vadis Pendidikan Karakter di Indonesia
 
Creator Fahmi, Muhammad
Prasetia, Senata Adi
., Syaifuddin
Nisa’, Zakiyatul
 
Subject Revitalisasi
Pendidikan Karakter
Kecerdasan Moral
 
Description Artikel ini mendeskripsikan pentingnya implementasi pendidikan karakter di Indonesia. Melalui kajian kepustakaan, dapat ditegaskan bahwa pendidikan karakter penting untuk diterapkan di setiap sekolah untuk membekali siswa dan generasi bangsa agar memiliki kecerdasan moral, emosional, spiritual, intelektual, dan sosial. Pendidikan karakter memiliki peran strategis dalam membina anak bangsa yang berperadaban. Dengan demikian, desain pendidikan karakter yang dipaparkan banyak ilmuwan dan menjadi kebijakan akademik-kurikulum di negeri ini, harus dilaksanakan secara substantif dan serius. Di Indonesia, ada 18 nilai karakter yang diperkuat dengan regulasi, namun implementasi dari kedelapan belas nilai tersebut belum komprehensif, karena kurang didukung oleh sistem pembelajaran yang ada. Meski demikian, semua sepakat bahwa implementasi pendidikan karakter penting dilaksanakan di setiap jenjang sekolah. Sehingga revitalisasi pendidikan karakter di negeri ini menjadi satu pilihan tanpa dapat ditawar lagi.
 
Publisher STAI Ihyaul Ulum Gresik
 
Date 2021-08-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/123
10.52166/tabyin.v3i01.123
 
Source TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM; Vol 3 No 01 (2021): Juli; 23-45
2686-0465
10.52166/tabyin.v3i01
 
Language eng
 
Relation http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/123/64
 
Rights Copyright (c) 2021 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0