Record Details

Program Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Soft Skill Siswa di MA Jabal Noer Taman Sidoarjo

TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Program Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Soft Skill Siswa di MA Jabal Noer Taman Sidoarjo
 
Creator ., Mufaizah
Muthoharoh, Uswatun Nurul
 
Subject program literasi
sekolah
soft skill
 
Description Madrasah Aliyah Jabal Noer Taman Sidoarjo adalah sekolah yangberbasis pesantren dan memiliki ruang lingkup gerak yang terbatas, namun sekolah ini mampu membentuk siswa yang unggul melalui program literasi sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan soft skill yang dimiliki oleh setiap siswa sehingga mampu membina siswa untuk menjadi peserta didik yang unggul dalam segala hal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan program literasi sekolah di MA Jabal Noer Taman Sidoarjo, untuk mengetahui peningkatan soft skill siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan membuat depenelitian mengenai situasi atau kejadian secara alami dan nyata terjadi di lingkungan objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan narasumber kepala sekolah, waka kurikulum, kepala program literasi dan siswa. Hasil penelitian tentang penerapan program literasi sekolah dalam meningkatkan soft skill siswa di MA Jabal Noer Taman Sidoarjo adalah program literasi sekolah diterapkan melalui tiga tahap yakni pembiasaan dalam membaca, tahap pengembangan soft skill dari masing-masing siswa, dan tahap pembelajaran yang mengaitkan program literasi sekolah dengan mata pelajaran pada pagelaran seni budaya, pentas seni literasi dan lain sebagainya. Penerapan program literasi sekolah ini berdampak dapat peningkatan soft skill siswa yakni kemampuan berkomunikasi, kerja sama tim, dan keterampilan kepemimpinan.
 
Publisher STAI Ihyaul Ulum Gresik
 
Date 2021-08-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/122
10.52166/tabyin.v3i01.122
 
Source TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM; Vol 3 No 01 (2021): Juli; 1-22
2686-0465
10.52166/tabyin.v3i01
 
Language eng
 
Relation http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/122/63
 
Rights Copyright (c) 2021 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0