Hubungan antara Filsafat dengan Pendidikan
TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Hubungan antara Filsafat dengan Pendidikan
|
|
Creator |
Mar’atus Sholikhah
|
|
Subject |
Hubungan
Filsafat Pendidikan |
|
Description |
Filsafat merupakan salah satu ilmu dari berbagai ilmu agama Islam. Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Ada beberapa cabang dalam filsafat, salah satunya adalah filsafat pendidikan, hubungan antara keduanya tidak bisa dipisahkan. Filsafat pendidikan merupakan ilmu filsafat yang mempelajari hakikat pelaksanaan dan pendidikan. Bahan yang dipelajari meliputi tujuan, latar belakang, cara, hasil, dan hakikat pendidikan. Metode yang dilakukan adalah dengan menganalisis secara kritis struktur dan manfaat pendidikan. Salah satu yang dikritisi secara konkret adalah relasi antara pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. Filsafat pendidikan memandang kegiatan pendidikan sebagai objek yang dikaji, baik secara Ontologis, Epistemologis, maupun Aksiologis. |
|
Publisher |
STAI Ihyaul Ulum Gresik
|
|
Date |
2020-12-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/89
10.52166/tabyin.v2i2.89 |
|
Source |
TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM; Vol 2 No 2 (2020): Desember; 22-30
2686-0465 10.52166/tabyin.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/89/45
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|