Record Details

Analisis Penggunaan Metode Penelitian Evaluasi Pada Penelitian Bahasa Arab Model Pengembangan

TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Penggunaan Metode Penelitian Evaluasi Pada Penelitian Bahasa Arab Model Pengembangan
 
Creator Faizin, Khoirul
 
Subject Research Evaluation
Development
Penelititan Evaluasi
Pengembangan
 
Description Penelitian Development research is one of the studies that focuses on new products as its output. In addition to the need for creative ideas in this research also need to use several methods in the development process. One method that is needed in this research model is the evaluation research method. Evaluation method is a type of method used to find the strengths and weaknesses of a system or product which is then translated into needs analysis. This study uses a qualitative descriptive approach, because the aim is to describe and describe what it is about a particular variable, phenomenon, state or social phenomenon. Data collected according to the focus of research in the form of words, actions, situations, documentation and events observed. In this analysis it was found that from the many exposures of experts about development research there was one similarity in the patterns that researchers found. The similarity is related to the process or procedure of the research stage carried out. Some of the stages of the research are a) Research and Data Collection, b.) Requirement Analysis, c.) Product Development, d.) Field trials, e.) Revision or Refinement of Final Products f.) Multiplication and use of mass products.
Penelitian pengembangan adalah salah satu penelitian yang menitik beratkan kepada produk baru sebagai outputnya. Selain butuh kepada kekreatifitasan ide dalam penelitian ini juga butuh kepada beberapa metode dalam proses pengembangannya. Salah satu metode yang sangat dibutuhkan pada model penelitian ini adalah metode penelitian evaluasi. Metode evaluasi adalah jenis metode yang dilakukan untuk menemukan kelebihan dan kekurangan suatu sistem atau produk yang kemudian dijabarkan menjadi analisis kebutuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, karena tujuannya adalah untuk mendeskripsikan dan menggambarkan apa adanya mengenai suatu variabel, gejala, keadaan atau fenomena sosial tertentu. Data yang dihimpun sesuai fokus penelitian berupa kata-kata, tindakan, situasi, dokumentasi dan peristiwa yang diobservasi. Dalam analisis ini ditemukan bahwa dari sekian banyak paparan para pakar tentang penelitian pengembangan terdapat satu kesamaan pola yang peneliti temukan. Kesamaan tersebut menyangkut proses atau prosedur tahapan penelitian yang dilakukan. Beberapa tahapan penelitian tersebut adalah a)Penelitian dan Pengumpulan Data, b.)Analisis Kebutuhan, c.) Pengembangan Produk, d.) Uji coba lapangan, e.) Revisi atau Penyempurnaan Produk Akhir f.)Penggandaan dan penggunaan produk secara masal.
 
Publisher STAI Ihyaul Ulum Gresik
 
Date 2020-07-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/27
10.52166/tabyin.v2i1.27
 
Source TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM; Vol 2 No 1 (2020): Juni; 39-53
2686-0465
10.52166/tabyin.v2i1
 
Language eng
 
Relation http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/27/18
 
Rights Copyright (c) 2020 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0