Record Details

Multiple Intelligences dalam Pembelajaran yang menyenangkan

TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Multiple Intelligences dalam Pembelajaran yang menyenangkan
 
Creator Khoirunnisaa’
 
Subject belajar mengajar
pembelajaran
pembelajaran menyenangkan
 
Description Konsep multi-kecerdasan (multiple intelligences) bukan tujuan tetapi lebih pada cara untuk membantu siswa mencapai tujuan penting yaitu mampu bekerjasama antara siswa dan guru. Dalam teori multi-kecerdasan bagi pendidikan adalah merangsang guru dan siswa untuk imajinatif dalam kurikulum, memutuskan bagaimana kurikulum diajarkan atau disampaikan dan menentukan bagaimana pengetahuan siswa ditunjukkan. Terdapat tujuh jenis kecerdasan yang dapat membantu membuat pembelajaran menjadi menyenangkan, yaitu : (1) kecerdasan verbal-linguistik, yaitu kemampuan dalam menggunakan bahasa; (2) kecerdasan logis-matematik, yaitu kemampuan yang berkenaan dengan mengenal pola-pola, aturan dan rangkaian alasan; (3) kecerdasan visual-spasial, kemampuan untuk memahami bentuk dan gambar-gambar; (4) kecerdasan berirama-musik, yaitu kapasitas berpikir tentang musik seperti mampu mendengar, mengingat, mengenal, dan bahkan memanipulasi pola-pola musik; (5) kecerdasan jasmaniah-kinestetik, yaitu kemampuan untuk menggunakan seluruh tubuh dalam mengekspresikan ide, perasaan dan menggunakan tangan untuk menghasilkan atau mentransformasi sesuatu; (6) kecerdasan interpersonal, yaitu kemampuan untuk membaca tanda dan isyarat sosial, komunikasi verbal dan non-verbal, dan mampu menyesuaikan gaya komunikasi secara tepat; (7) kecerdasan intrapersonal, yaitu kecerdasan yang bersumber pada pemahaman diri secara komprehensif guna menghadapi, merencanakan, dan memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi.
 
Publisher STAI Ihyaul Ulum Gresik
 
Date 2020-01-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/22
10.52166/tabyin.v1i2.22
 
Source TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM; Vol 1 No 2 (2019): Desember; 75 - 86
2686-0465
10.52166/tabyin.v1i2
 
Language eng
 
Relation http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/22/13
 
Rights Copyright (c) 2020 TABYIN: Jurnal Pendidikan Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0