Multiple Intelligences dalam Pembelajaran yang menyenangkan
TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Multiple Intelligences dalam Pembelajaran yang menyenangkan
|
|
Creator |
Khoirunnisaa’
|
|
Subject |
belajar mengajar
pembelajaran pembelajaran menyenangkan |
|
Description |
Konsep multi-kecerdasan (multiple intelligences) bukan tujuan tetapi lebih pada cara untuk membantu siswa mencapai tujuan penting yaitu mampu bekerjasama antara siswa dan guru. Dalam teori multi-kecerdasan bagi pendidikan adalah merangsang guru dan siswa untuk imajinatif dalam kurikulum, memutuskan bagaimana kurikulum diajarkan atau disampaikan dan menentukan bagaimana pengetahuan siswa ditunjukkan. Terdapat tujuh jenis kecerdasan yang dapat membantu membuat pembelajaran menjadi menyenangkan, yaitu : (1) kecerdasan verbal-linguistik, yaitu kemampuan dalam menggunakan bahasa; (2) kecerdasan logis-matematik, yaitu kemampuan yang berkenaan dengan mengenal pola-pola, aturan dan rangkaian alasan; (3) kecerdasan visual-spasial, kemampuan untuk memahami bentuk dan gambar-gambar; (4) kecerdasan berirama-musik, yaitu kapasitas berpikir tentang musik seperti mampu mendengar, mengingat, mengenal, dan bahkan memanipulasi pola-pola musik; (5) kecerdasan jasmaniah-kinestetik, yaitu kemampuan untuk menggunakan seluruh tubuh dalam mengekspresikan ide, perasaan dan menggunakan tangan untuk menghasilkan atau mentransformasi sesuatu; (6) kecerdasan interpersonal, yaitu kemampuan untuk membaca tanda dan isyarat sosial, komunikasi verbal dan non-verbal, dan mampu menyesuaikan gaya komunikasi secara tepat; (7) kecerdasan intrapersonal, yaitu kecerdasan yang bersumber pada pemahaman diri secara komprehensif guna menghadapi, merencanakan, dan memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi.
|
|
Publisher |
STAI Ihyaul Ulum Gresik
|
|
Date |
2020-01-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/22
10.52166/tabyin.v1i2.22 |
|
Source |
TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM; Vol 1 No 2 (2019): Desember; 75 - 86
2686-0465 10.52166/tabyin.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/22/13
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 TABYIN: Jurnal Pendidikan Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|