Record Details

Pendidikan Islam Perspektif Burhanuddin Az-Zarnuji

Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendidikan Islam Perspektif Burhanuddin Az-Zarnuji
 
Creator Nurjanah, Nike
Ardhilani, Arivia
Haq, Zulfikar Emir
Nur Maghfiroh, Alyadita
 
Subject Konsep pendidikan Islam
Burhanuddin Az-Zarnuji
Relevansi
 
Description Pendidikan adalah salah satu sarana untuk meningkatkan sebuah kualitas suatu bangsa, oleh sebab itu kemajuan beberapa negara bisa terjadi karena mereka menaruh perhatian besar terhadap dunia pendidikan. Pendidikan Islam adalah proses pembimbingan dan pengajaran peserta didik agar meningkatkan keimanan, intelektual, kepribadian dan keterampilan yang diajarkan melalui pengajaran oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui konsep dan relevansi pendidikan Islam perspektif Burhanuddin Az-Zarnuji bagi pendidikan saat ini. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif didukung dengan library research, yakni mengumpulkan literatur dari buku dan jurnal berkaitan dengan masalah yang akan diselesaikan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam persepektif Burhanuddin Az-Zarnuji dapat dikelompokkkan menurut komponen pendidikan yakni tujuan pendidikan yang harus berfokus untuk mencari ridha dan kedekatan kepada Allah SWT. Guru sebagai pendidik hendaknya ia yang lebih alim, sholeh dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa serta menguasai betul bidang ilmu tertentu karena kekuatan pembelajaran berpusat pada seorang pengajar. Murid sebagai penuntut ilmu haruslah memuliakan guru dan memiliki kepribadian yang baik. Metode pendidikan yang digunakan yakni dengan menghafal, mencatat, memahami, berdiskusi dengan materi-materi yang diajarkan lebih menekankan pada bidang keagamaan. Relevansinya dengan pendidikan saat ini adalah tujuan belajar berhubungan dengan niat, belajar akan dikatakan berhasil jika antara niat, keinginan dan tujuan peserta didik saling berkesinambungan sehingga pendidik perlu mengarahkan agar peserta didik mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Metode yang diberikan Az-Zarnuji pada intinya menekankan untuk peserta didik agar memperoleh pemahaman yang baik karena belajar haruslah dengan wawasan yang mendalam.
 
Publisher LPPM STAI Ihyaul Ulum Gresik
 
Date 2021-05-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/117
10.52166/tasyri.v28i1.117
 
Source Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah; Vol 28 No 1 (2021): April 2021; 98-106
2654-6132
2252-4436
10.52166/tasyri.v28i1
 
Language eng
 
Relation http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/117/62
 
Rights Copyright (c) 2021 Nike Nurjanah, Arivia Ardhilani, Zulfikar Emir Haq, Alyadita Nur Maghfiroh
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0