Pendidikan Islam Perspektif Burhanuddin Az-Zarnuji
Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pendidikan Islam Perspektif Burhanuddin Az-Zarnuji
|
|
Creator |
Nurjanah, Nike
Ardhilani, Arivia Haq, Zulfikar Emir Nur Maghfiroh, Alyadita |
|
Subject |
Konsep pendidikan Islam
Burhanuddin Az-Zarnuji Relevansi |
|
Description |
Pendidikan adalah salah satu sarana untuk meningkatkan sebuah kualitas suatu bangsa, oleh sebab itu kemajuan beberapa negara bisa terjadi karena mereka menaruh perhatian besar terhadap dunia pendidikan. Pendidikan Islam adalah proses pembimbingan dan pengajaran peserta didik agar meningkatkan keimanan, intelektual, kepribadian dan keterampilan yang diajarkan melalui pengajaran oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui konsep dan relevansi pendidikan Islam perspektif Burhanuddin Az-Zarnuji bagi pendidikan saat ini. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif didukung dengan library research, yakni mengumpulkan literatur dari buku dan jurnal berkaitan dengan masalah yang akan diselesaikan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam persepektif Burhanuddin Az-Zarnuji dapat dikelompokkkan menurut komponen pendidikan yakni tujuan pendidikan yang harus berfokus untuk mencari ridha dan kedekatan kepada Allah SWT. Guru sebagai pendidik hendaknya ia yang lebih alim, sholeh dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa serta menguasai betul bidang ilmu tertentu karena kekuatan pembelajaran berpusat pada seorang pengajar. Murid sebagai penuntut ilmu haruslah memuliakan guru dan memiliki kepribadian yang baik. Metode pendidikan yang digunakan yakni dengan menghafal, mencatat, memahami, berdiskusi dengan materi-materi yang diajarkan lebih menekankan pada bidang keagamaan. Relevansinya dengan pendidikan saat ini adalah tujuan belajar berhubungan dengan niat, belajar akan dikatakan berhasil jika antara niat, keinginan dan tujuan peserta didik saling berkesinambungan sehingga pendidik perlu mengarahkan agar peserta didik mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Metode yang diberikan Az-Zarnuji pada intinya menekankan untuk peserta didik agar memperoleh pemahaman yang baik karena belajar haruslah dengan wawasan yang mendalam. |
|
Publisher |
LPPM STAI Ihyaul Ulum Gresik
|
|
Date |
2021-05-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/117
10.52166/tasyri.v28i1.117 |
|
Source |
Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah; Vol 28 No 1 (2021): April 2021; 98-106
2654-6132 2252-4436 10.52166/tasyri.v28i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/117/62
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Nike Nurjanah, Arivia Ardhilani, Zulfikar Emir Haq, Alyadita Nur Maghfiroh
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|