Record Details

Membentuk Generasi Milenial Qur’ani Melalui Pembelajaran PAI

Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Membentuk Generasi Milenial Qur’ani Melalui Pembelajaran PAI
 
Creator Ardiningrum, Aufaa Dzakiy
Maulidya, Farah Nida
Rahayu, Indah
 
Subject Generasi Milenial
Qur’ani
Karakter PAI
 
Description Al-Quran merupakan sumber ilmu pengetahuan baik ilmu agama maupun ilmu umum. Generasi milenial sebagai generasi berjiwa qurani merupakan generasi yang diidam-idamkan bangsa. Melihat akhlak dari generasi milenial yang semakin jauh dari ajaran agama Islam maka dalam tulisan ini berupaya memberikan solusi bagaimana cara  pemuda bertindak sesuai ajaran agama Islam dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama tanpa melupakan indentitasnya sebagai milenial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Tulisan ini juga membahas tentang  konsep generasi milenial berbasis qur’ani, eksistensi PAI dalam membentuk generasi milenial qurani, pembentukan karakter generasi milenial berjiawa qur’ani dalam perspektif PAI, dan peran mapel PAI dalam pembentukan generasi berjiwa qur’ani . PAI merupakan pendidikan karakter yang paling utama. Melalui PAI para siswa diajarkan cara bertingkah laku sesuai Al-Quran dan menjadikan Al-Quran dan sunnah sebagai way of life, PAI juga memuat sejarah yang didalamnya kita dapat mempelajari tokoh-tokoh nabi, sahabat, maupun sastrawan dimasa lampau untuk dijadikan suri tauladan sebagai konsepsi dari masa lalu untuk dijadikan ibrah dimasa sekarang. Dan fiqih sebagai salah satu mata pelajaran PAI mengajarkan rambu-rambu hukum dalam beribadah. Oleh sebab itu tujuan utama dari pembelajaran PAI adalah pembentukan kepribadian bernafaskan unsur qurani.
Hasil dari pembahasan ini diharapkan bagi generasi milenial menjaga ayat-ayat Allah, mencintai ayat-ayat Al-Quran, memahami, mentadabburi, dan mengaktualisaiskan dalam kehidupan sehari hari melalui pembelajaran PAI.
 
Publisher LPPM STAI Ihyaul Ulum Gresik
 
Date 2021-05-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/115
10.52166/tasyri.v28i1.115
 
Source Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah; Vol 28 No 1 (2021): April 2021; 53-63
2654-6132
2252-4436
10.52166/tasyri.v28i1
 
Language eng
 
Relation http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/115/60
 
Rights Copyright (c) 2021 Aufaa Dzakiy Ardiningrum, Farah Nida Maulidya, Indah Rahayu
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0