Record Details

Konsep Evaluasi dalam Pendidikan Islam

Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Konsep Evaluasi dalam Pendidikan Islam
 
Creator Muthoharoh, Miftakhul
 
Subject Evaluasi, Pendidikan, Islam
 
Description Evaluasi merupakan proses penaksiran terhadap ada tidaknya perkembangan, untuk mengettahui kadar dan tingkat kemajuan seseorang sebagai alat untuk membantu seseorang agar merubah sikap dan tingkah lakunya dan untuk mempertimbangkan kecukupan alat yang dipakai maupun administrasi yang ada.
      Sasaran evaluasi dalam pendidikan islam adalah sejauh mana loyalitas dan pengabdian seorang hamba kepa Allah SWT, sejauh mana dia dapat mengaplikasikan islam ditengah masyarakat, lingkungan alam, dan bagaimana dia memposisikan dirinya di hadapan Allah dan di sisi manusia.
Dasar melaksanakan evaluasi dalam pendidikan islam tidak memandang formalitas, tetapi substansi dan kualitas sebuah tindakan, sebagaimana disebutkan dalam QS. Al-Hajj: 37 bahwasanya “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridaan Allah tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya”.
Dalam melaksanakan evaluasi seorang evaluator harus memperhatikan prinsip-prinsip kontinuitas, komperhenship, objektifitas baik diterapkan kepada diri sendiri maupun orang lain.
 
Publisher LPPM STAI Ihyaul Ulum Gresik
 
Date 2019-10-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/71
10.29138/tasyri.v26i2.71
 
Source Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah; Vol 26 No 2 (2019): October 2019; 1-9
2654-6132
2252-4436
10.29138/tasyri.v26i2
 
Language eng
 
Relation http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/71/29
 
Rights Copyright (c) 2019 Miftakhul Muthoharoh
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0