Strategi Peningkatan Kecerdasan Spiritual dalam Kependidikan Islam
Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Strategi Peningkatan Kecerdasan Spiritual dalam Kependidikan Islam
|
|
Creator |
Mudlofar, M.
|
|
Subject |
Kecerdasan, Spiritual, Transedental, Kependidikan Islam
|
|
Description |
Kecerdasan spiritual ditengarahi mempu memperkaya khazanah berfikir dan memberikan motivasi untuk mengaktualitaskan ajaran Islam secara nyata. Kesadaran spiritual merupaka pintu masuk umat memahami masalah ritual agama dan mempraktikannya dalam kehidupan keseharian. Kesadaran tersebut memberikan kayakinan bahwa kecerdasan spiritual menjadi urgen dalam mendongkrak keberhasilan kependidiikan Islam Penelitian ini berusaha mmemahami dan kemudian menunjukkan urgensi kecerdasan spiritual dalam konteks kependidikan Islam. Pada gilirannya tulisan ini juga akan mendeskripsikan strategi yang dapat dipempuh oleh pemerhati pendidikan agama untuk lebih mencermati dan mendorong aplikasi kecerdasan spiritual dalam aktivitas mereka. Kajian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dijalankan dengan bertumpu pada data-data verbal yang bersumber dari litaratur-litarutur yang sesuai dengan objek penelitian. Dengan demikian kajian ini juga dijalankan dengan pendekatan kepustakaaan. Bertindak sebagai pengumpul data adalah peneliti sendiri yang menjalankannya dengan teliti dan hati-hati. Dari penelitian ini diperoleh pemahaman bahwa kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan proses pemaknaan manusia terhadap setiap tindakan dan jalan hidupnya. Kecerdasan ini berguna dalam kependidikan Islam utamanya menyangkut pembentukan kesadaran hakikat manusia sebagai makhluk Allah yang memuat aspek material dan immaterial sebagai dasar spiritualitasnya. Dalam konteks kependidikan Islam, maka strategi peningkatan dan pengembangan kecerdasan spiritual manusia dapat ditempuh melalui lima komponen kecerdasan, yaitu (a) kecerdasan untuk mengimani Allah, (b) kemampuan beretos kerja tinggi dengan mengharapkan ridha Allah, c) kemampuan menjalankan perintah ibadah secara istiqamah, (d) kemampuan bersabar dalam menghadapi ujian, dan (e) kemampuan dalam menerima takdir Allah ta’ala secara ihlas. |
|
Publisher |
LPPM STAI Ihyaul Ulum Gresik
|
|
Date |
2019-04-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/70
10.29138/tasyri.v26i1.70 |
|
Source |
Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah; Vol 26 No 1 (2019): April 2019; 76-84
2654-6132 2252-4436 10.29138/tasyri.v26i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/70/28
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 M. Mudlofar
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|