Implementasi Model Students Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Model Students Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa
|
|
Creator |
Rambe, Andina
|
|
Subject |
Pendidikan Islam
Nilai Multikultural Masa New Normal |
|
Description |
Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V SD Negeri 125558 Siantar Sitalasari dalam pembelajaran PKN dengan penerapan model Students Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus terhadap 41 subyek. Data diperoleh dengan cara melakukan kegiatan observasi dan juga tes secara tertulis. Pada penelitian ini terlihat bahwa hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn ini mengalami peningkatan. Pada tes siklus I nilai rata-ratanya 61,15 dan pada saat tes siklus II nilai rata-ratanya menjadi 77. Jika dipersentasekan maka nilai ketercapaian pada siswa kelas V di siklus I 46% dan pada siklus II 70,4%. Meningkatnya hasil belajar pada siswa kelas V pada siklus II disebabkan oleh adanya peningkatan aktivitas belajar saling ketergantungan yang positif 38%, interaksi tatap muka 78%, tanggungjawab individu 32%, keterampilan komunikasi antar kelompok dan individu 50%, dan evaluasi proses perkelompok 32%. Pada siklus II, saling ketergantungan yang positif 60%, interaksi tatap muka 83%, tanggungjawab setiap individu 63%, keterampilan komunikasi antar kelompok dan individu 73%, dan yang terakhir itu evaluasi proses perkelompok 73%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan implementasi model STAD ini sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran PKN di kelas V SDN 125558 Siantar Sitalasari. Kata Kunci: Model Students Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, Aktivitas Belajar Abstract: This research was conducted to improve the learning outcomes and activities of the fifth grade students of SD Negeri 125558 Siantar Sitalasari in PK N learning with the application of the Students Teams Achievement Division (STAD) model. This research is a type of classroom action research (PTK) which was conducted in 2 cycles on 41 subjects . The data were obtained by carrying out observation activities and also written tests. In this study, it can be seen that the learning outcomes of class V students in this Civics subject have increased. There is a test cycle I the average value is 61,15 and at the time of the second cycle test the average score becomes 77. If a percentage, the achievement value in class V students in cycle I is 46% and in cycle II is 70.4%. The increase in learning outcomes in class V students in cycle II was caused by an increase in positive interdependence learning activities 38%, face-to-face interaction 78%, individual responsibility 32%, communication skills between groups and individuals 50%, and group process evaluation 32%. In cycle II, positive interdependence is 60%, face-to-face interaction is 83%, responsibility for each individual is 63%, communication skills between groups and individuals are 73%, and the last is evaluation of the group process 73%. From this research it can be concluded that by implementing the STAD is very good for improving learning outcomes and student activities in PKN learning in class V SDN 125558 Siantar Sitalasari. Keywords: Students Teams Achievement Division (STAD) Model, Learning Outcomes , Learning Activities |
|
Publisher |
STAI Attanwir Bojonegoro
|
|
Date |
2021-03-20
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/47
10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.47 |
|
Source |
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol. 12 No. 1 (2021): Maret; 51-62
2599-3062 2252-5238 10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/47/60
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Andina Rambe
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|