Record Details

Implementasi Model Students Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa

Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Model Students Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa
 
Creator Rambe, Andina
 
Subject Pendidikan Islam
Nilai Multikultural
Masa New Normal
 
Description Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan  hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V SD Negeri 125558 Siantar Sitalasari dalam pembelajaran PKN dengan penerapan model Students Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus terhadap 41 subyek. Data diperoleh dengan cara melakukan kegiatan observasi dan juga tes secara tertulis. Pada penelitian ini terlihat bahwa hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn ini mengalami peningkatan. Pada tes siklus I nilai rata-ratanya 61,15 dan pada saat tes siklus II nilai rata-ratanya menjadi 77. Jika dipersentasekan maka nilai ketercapaian pada siswa kelas V di siklus I 46% dan pada siklus II 70,4%. Meningkatnya hasil belajar pada siswa kelas V pada siklus II disebabkan oleh adanya peningkatan aktivitas belajar saling ketergantungan yang positif 38%, interaksi tatap muka 78%, tanggungjawab individu 32%, keterampilan komunikasi antar kelompok dan individu 50%, dan evaluasi proses perkelompok 32%. Pada siklus II, saling ketergantungan yang positif 60%, interaksi tatap muka 83%, tanggungjawab setiap individu 63%, keterampilan komunikasi antar kelompok dan individu 73%, dan yang terakhir itu evaluasi proses perkelompok 73%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan implementasi model STAD ini sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran PKN di kelas V SDN 125558 Siantar Sitalasari.
Kata Kunci: Model Students Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, Aktivitas Belajar
 
Abstract: This research was conducted to improve the learning outcomes and activities of the fifth grade students of SD Negeri 125558 Siantar Sitalasari in PK N learning with the application of the Students Teams Achievement Division (STAD) model. This research is a type of classroom action research (PTK) which was conducted in 2 cycles on 41 subjects . The data were obtained by carrying out observation activities and also written tests. In this study, it can be seen that the learning outcomes of class V students in this Civics subject have increased. There is a test cycle I the average value is 61,15 and at the time of the second cycle test the average score becomes 77. If a percentage, the achievement value in class V students in cycle I is 46% and in cycle II is 70.4%. The increase in learning outcomes in class V students in cycle II was caused by an increase in positive interdependence learning activities 38%, face-to-face interaction 78%, individual responsibility 32%, communication skills between groups and individuals 50%, and group process evaluation 32%. In cycle II, positive interdependence is 60%, face-to-face interaction is 83%, responsibility for each individual is 63%, communication skills between groups and individuals are 73%, and the last is evaluation of the group process 73%. From this research it can be concluded that by implementing the STAD is very good for improving learning outcomes and student activities in PKN learning in class V SDN 125558 Siantar Sitalasari.
Keywords: Students Teams Achievement Division (STAD) Model, Learning Outcomes , Learning Activities
 
Publisher STAI Attanwir Bojonegoro
 
Date 2021-03-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/47
10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.47
 
Source Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol. 12 No. 1 (2021): Maret; 51-62
2599-3062
2252-5238
10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1
 
Language eng
 
Relation http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/47/60
 
Rights Copyright (c) 2021 Andina Rambe
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0