Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Siswa di Mts Ma’arif Karangasem Bali
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Siswa di Mts Ma’arif Karangasem Bali
|
|
Creator |
Mustofa, Ali
Ali Firman |
|
Subject |
Strategi, Pembentukan Akhlak, Siswa
|
|
Description |
Akhlak adalah suatu yang sangat penting. Penelitian ini membahas penerapan strategi pembelajaran guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlak siswa di MTs Ma’arif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak, akhlak siswa, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas maka penulis melakukan penelitian dengan kualitatif, Setelah melakukan analisis terhadap data yang diperoleh maka hasilnya menunjukkan adanya peningkatan akhlak siswa di MTs Ma’arif, yang meliputi sifat al-amanah (setia, jujur dan dapat dipercaya), al-wafa (menepati janji), tawadhu’ (rendah hati) dan benar/jujur. Semua itu bisa dicapai melalui penerapan strategi pembelajaran dengan berbagai macam strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran langsung, inkuiri dan kooperatif. Adapun proses penerapan strategi pembelajaran tersebut yang secara umum dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap permulaan (praintruksional), tahap pengajaran (intruksional) dan tahap penilaian tindak lanjut.Implikasi dalam penelitian ini adalah, berbagai proses penerapan strategi pembelajaran guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlak siswa di MTs Ma’arif harus tetap diterapkan, dan ditingkatkan dengan berbagai kreativitas yang mampu menunjang proses pembinaan akhlak mulia bagi peserta didik. Selain itu, upaya maksimal yang telah dilakukan guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlak mulia peserta didik juga perlu inovasi dengan semakin menggali potensi-potensi sumber daya pendidikan yang ada guna pembinaan yang berkelanjutan. Dukungan seluruh aspek pendidikan hendaklah sejalan dengan program pembentukan yang dilakukan guru akidah akhlak, turutama keteladanan, pembiasaan dan pengawasan dalam lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah.
|
|
Publisher |
STAI Attanwir Bojonegoro
|
|
Date |
2021-03-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/43
10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.43 |
|
Source |
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol. 12 No. 1 (2021): Maret; 76-99
2599-3062 2252-5238 10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/43/61
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Ali Mustofa, Ali Firman
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|