Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Sekolah Dasar
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Sekolah Dasar
|
|
Creator |
Khoirin, Lukman
|
|
Subject |
Lingkungan Sekolah
Sumber Belajar Keterampilan Menulis Deskripsi |
|
Description |
Hasil observasi memperlihatkan bahwa siswa kelas IV SDN Ngasem I Bojonegoro mengalami kesulitan dalam menulis deskripsi. Siswa belum mampu menggali ide dan gagasan berdasarkan gambar yang diamati. Faktor penyebab kesulitan siswa dalam menulis deskripsi adalah guru menggunakan media yang belum sesuai dengan materi yang diajarkan yaitu media gambar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Ngasem I Bojonegoro, hasil belajar menulis deskripsi siswa, serta kendala-kendala dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dan tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I dan siklus II memperoleh persentase keterlaksanaan sebanyak 100 %, pada siklus I mencapai nilai 71,56 dan siklus II mencapai nilai 92,18. Ketuntasan belajar klasikal hasil menulis deskripsi siswa pada siklus I mencapai persentase 66,66 % sedangkan pada siklus II mencapai persentase 95,23 %. Kendala-kendala yang dihadapi adalah suara guru yang kurang keras ketika menyampaikan materi, cara mengatasinya dengan meningkatkan suara agar lebih keras. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Ngasem I Bojonegoro
|
|
Publisher |
STAI Attanwir Bojonegoro
|
|
Date |
2020-07-16
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/21
10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i2.21 |
|
Source |
Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol. 10 No. 2 (2019): September; 35-53
2599-3062 2252-5238 10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/21/22
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Lukman Khoirin
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|