Record Details

Penerapan Permainan Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas I MI Islamiyah Kepohbaru Bojonegoro

Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Permainan Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas I MI Islamiyah Kepohbaru Bojonegoro
 
Creator Nila Dwi Susanti
 
Subject Permainan Kartu Huruf
Kemampuan Membaca
 
Description Membaca sangat dibutuhkan bagi semua orang sekarang sebagai pintu masuk untuk mempelajari ilmu pengetahuan, Namun kenyataanya masih banyak siswa yang belum bisa membaca terutama pada anak Kelas I SD. Tapi jika anak diberikan pendidikan prasekolah seperti PAUD/TK, setidaknya anak tersebut mempunyai dasar pengenalan huruf atau membaca. Hal ini juga terjadi di MI Islamiyah Kepoh. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di MI Islamiyah Kepoh kelas I menyatakan bahwa ada beberapa  siswa belum bisa membaca. Yakni dari 33 siswa yang sudah bisa mengenal huruf-huruf dan sudah bisa membaca hanya 61% siswa, sisanya yang 39% yang sudah bisa mengenal huruf namun belum bisa membaca. Meskipun sesuai usianya harus sudah bisa membaca. Kondisi tersebut disebabkan  karena minat membaca yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan permainan kartu huruf  dalam meningkatan kemampuan membaca siswa kelas I MI Islamiyah Kepoh.serta mengetahui factor Pendukung dan penghambat penerapan permainan kartu huruf dalam meningkatan kemampuan membaca siswa kelas I MI Islamiyah Kepoh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kuantitatif.  Instrument yang digunakan meliputi Tes Membaca Nyaring, Observasi (pengamatan), Wawancara, serta Dokumen. Tempat penelitian adalah di MI Islamiyah Kepoh. Sedangkan Sasaran penelitian ini adalah kelas I.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf mampu meningkatkan kemampuan membaca kelas I MI Islamiyah Kepoh. Peningkatan dapat dilihat mulai Siklus I sebesar 6% dan dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 30,3%. Anak yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik sebelum tindakan/pra tindakan sebesar 45,5%, pada Siklus I sebesar 51,5% dan pada Siklus II sebesar 81,8%..
 
Publisher STAI Attanwir Bojonegoro
 
Date 2020-07-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/9
10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v9i2.9
 
Source Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol. 9 No. 2 (2018): September; 84-97
2599-3062
2252-5238
10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v9i2
 
Language eng
 
Relation http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/9/10
 
Rights Copyright (c) 2020 Nila Dwi susanti
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0