Record Details

PENTINGNYA SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP KEMANDIRIAN SANTRI DALAM BELAJAR DI ASRAMA AR ROMMEL PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM PETERONGAN JOMBANG

Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENTINGNYA SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP KEMANDIRIAN SANTRI DALAM BELAJAR DI ASRAMA AR ROMMEL PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM PETERONGAN JOMBANG
 
Creator Effendi, Farzi Alif
Muhsin, Ali
 
Subject Sistem Pendidikan Pesantren, Kemandirian Santri Dalam Belajar
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pentingnya Sistem Pendidikan Pesantren Terhadap Kemandirian Santri Dalam Belajar Di Asrama Ar Rommel Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Peterongan Jombang\. Penelitiani bertujuan untuk mengetahui informasi sistem pendidikan pesantren yang ada di Asrama Ar Rommel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,). Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Wujud sistem pendidikan pesantren di Asrama Ar Rommel yaitu Bimbingan baca kitab kuning, Hafalan (fasholatan, istighosah, dan surat-surat yang didalam Al Qur’an), membaca Al Qur’an. (2) Hambatan atau kendala sistem pendidikan pesantren di Asrama Ar Rommel yaitu santri yang terlambat ketika mau memasuki proses belajar mengajar, kemudian guru (asatidz) yang tidak bisa mengikuti kegiatan mengajar karena ada acara pribadi, (3) kemandirian santri tidak hanya dinilai dari belajarnya saja, akan tetapi dalam hal jiwa kemandirian termasuk kategori kemandirian seperti menambah percaya diri (4) Dampak keberhasilan sistem pendidikan pesantren di Asrama Ar Rommel yaitu santri lebih bertanggung jawab dan terjalin kebersamaan, guru (asatidz) lebih tepat waktu.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
 
Contributor
 
Date 2022-03-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2777
 
Source Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 3, No 2 (2021); 65-80
2579-5589
2614-4263
 
Language in
 
Rights ##submission.copyrightStatement##