IMPLEMENTASI MODEL SELF REGULATED LEARNING (SRL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS CALON GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Jurnal Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
IMPLEMENTASI MODEL SELF REGULATED LEARNING (SRL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS CALON GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
|
|
Creator |
Putra, Miftakhul Ilmi S
Putri, Ayu Fitri S |
|
Subject |
Self Regulated Learning, Keterampilan literasi sains, Calon guru
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan perangkat Model Self-Regulated Learning (SRL) yang praktis untuk meningkatkan keterampilan literasi sains calon guru Madrasah Ibtidaiyah. Uji coba materi dilaksanakan untuk peserta didik Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah Unipdu Jombang pada tahun akademik 2019/2020 semester 5 menggunakan One Group Pre-test Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif statistik kuantitatif. Temuan penelitian adalah: Efektivitas materi pembelajaran dalam hal peningkatan penguasaan keterampilan literasi sains peserta didik. Disimpulkan bahwa implementasi Model Self-Regulated Learning (SRL) tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi sains calon guru Madrasah Ibtidaiyah
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-09-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
—
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2111
|
|
Source |
Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 2, No 1 (2020); 40-62
2579-5589 2614-4263 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2111/1120
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|