Record Details

IMPLEMENTASI MODEL SELF REGULATED LEARNING (SRL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS CALON GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI MODEL SELF REGULATED LEARNING (SRL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS CALON GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
 
Creator Putra, Miftakhul Ilmi S
Putri, Ayu Fitri S
 
Subject Self Regulated Learning, Keterampilan literasi sains, Calon guru
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan perangkat Model Self-Regulated Learning (SRL) yang  praktis untuk meningkatkan keterampilan literasi sains calon guru Madrasah Ibtidaiyah. Uji coba materi dilaksanakan untuk peserta didik   Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah Unipdu Jombang pada tahun akademik 2019/2020 semester 5 menggunakan One Group Pre-test Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif statistik kuantitatif. Temuan penelitian adalah: Efektivitas materi pembelajaran dalam hal peningkatan penguasaan keterampilan literasi sains peserta didik. Disimpulkan bahwa implementasi Model Self-Regulated Learning (SRL)  tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi sains calon guru Madrasah Ibtidaiyah
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
 
Contributor
 
Date 2020-09-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2111
 
Source Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 2, No 1 (2020); 40-62
2579-5589
2614-4263
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2111/1120
 
Rights ##submission.copyrightStatement##