Record Details

PENGARUH IMPLEMENTASI PROBLEM SOLVING LEARNING DAN PREVIEW QUESTION READ SUMMARIZE TEST (PQRST) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD/MI

Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH IMPLEMENTASI PROBLEM SOLVING LEARNING DAN PREVIEW QUESTION READ SUMMARIZE TEST (PQRST) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD/MI
 
Creator Wardani, Indra Kusuma
Musyayada, Auliatul
 
Subject Metode Problem Solving, Metode Preview Question Read Summarize Test (PQRST)
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh implementasi pembelajaran berdasarkan proses-proses penyelesaian masalah (Problem Solving Learning) terhadap kemampuan siswa kelas IV SD/MI dalam memahami soal cerita pada mata pelajaran matematika. Implementasi Problem Solving Learning dalam kegiatan pembelajaran matematika dipadukan dengan metode Preview Question Read Summarize Test (PQRST) pada materi operasi hitung campuran. Penelitian ini menggunakan analisis data flow model dan data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pada tahap prasiklus nilai rata-ratanya sebesar 57,2 dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 28%, hasil pada tahap siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 66,8, sedangkatan nilai ketuntasan klasikal mengalami kenaikan mencapai 40%. Hasil pada siklus II rta-ratanya 79,8 dan nilai ketuntasan siswa naik menjadi 92%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matemtika dengan menggunakan metode problem solving dan PQRST dapat meningkatkan kemampuan memahami soal cerita pada siswa kelas IV di MI Bahrul Ulum Pandankrajan Kemlagi Mojokerto
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
 
Contributor
 
Date 2021-03-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2364
 
Source Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 2, No 2 (2020); 51-76
2579-5589
2614-4263
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2364/1211
 
Rights ##submission.copyrightStatement##