UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
Jurnal Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
|
|
Creator |
Nurjanah, Eka
Romadlona, Elis Dia Rohmi |
|
Subject |
Hasil belajar, metode CIRC, bahasa Indonesia
|
|
Description |
Berdasarkan dari rumusan masalah yang ada dan juga dari hasil penelitian yang diperoleh serta dari pembahasan yang telah dipaparkan di depan maka dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasilĀ belajar siswa kelas III MI Darus Salam pada keterampilan menulis puisi pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada siklus I dengan nilai rata-rata 70 dan pada siklus II menjadi 81 dan siswa yang mencapai ketuntasan dari 33 orang menjadi 45 orang. Sedangkan ketuntasan klasikalnya pada siklus I sebesar 70% menjadi 95% pada siklus II.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-09-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
—
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2558
|
|
Source |
Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 3, No 1 (2021); 63-78
2579-5589 2614-4263 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2558/1272
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|