Record Details

PENERAPAN METODE TILAWATI DAN MEDIA KARTU HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SANTRI PADA HURUF HIJAIYAH DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN AL- FATTAH NANGGUNGAN DIWEK JOMBANG

Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN METODE TILAWATI DAN MEDIA KARTU HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SANTRI PADA HURUF HIJAIYAH DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN AL- FATTAH NANGGUNGAN DIWEK JOMBANG
 
Creator Purwanti, Ari
Ashari, Muhammad Yahya
 
Subject Metode tilawati, Kartu Hijaiyah, Kemampuan Memahami, Huruf Hijaiyah
 
Description Pembelajaran di TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Fattah Nanggungan Diwek Jombang, guru masih menggunakan metode yang monoton sehingga proses pembelajaran menjadi membosankan serta tidak adanya media yang mendukung proses pembelajaran yang mampu memudahkan santri menerima materi , penelitian dilaksanakan karena pemahaman siswa terhadap huruf hijaiyah rendah. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pemahaman santri pada huruf hijaiyah di TPQ Al-Fattag Nanggungan Diwek Jombang. Subyek penelitian ini adalah santri jilid sebanyak 22 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data flow model dan data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pada tahap pra tindakan, hanya 6 santri yang mampu dengan prosentase ketuntasan sebanyak 27,27% dan rata-rata sebanyak 65. Hasil pada siklus 1 terdiri dari 15 santri hasil belajar mengalami peningkatan dengan prosentase ketuntantasan sebanyak 68,18% dan 78,18 rata-rata klasikal. Sedangkan pada siklus 2 terdiri dari 20 santri dengan hasil belajar mencapai 90,9% ketuntasan dengan rata-rata sebanyak 86,22. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode tilawati dan media kartu hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan memahami santri pada huruf hijaiyah di TPQ Al-Fattah Nanggungan Diwek Jombang.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
 
Contributor
 
Date 2022-03-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2776
 
Source Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 3, No 2 (2021); 49-64
2579-5589
2614-4263
 
Language in
 
Rights ##submission.copyrightStatement##