Record Details

KORELASI MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA SEMAYONG TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KORELASI MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA SEMAYONG TAHUN PELAJARAN 2019-2020
 
Creator Parni, Parni
Topik, Topik
 
Subject Minat Belajar, Prestasi Belajar Siswa
 
Description Prestasi belajar mempunyai peranan yang sangat penting dalam pendidikan, dan kualitas pendidikan dicerminkan oleh prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah minat belajar. Minat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa yang memiliki minat dalam belajar, maka akan memiliki kesadaran untuk mengikuti proses belajar mengajar.  Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang berkaitan dengan “Bagaimanakah  Hubungan antara minat  dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS  di MIS Semayong Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional yaitu mencari pengaruh anrara variabel Minat Belajar (X) dan Prestasi Belajar (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel minat belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 78%  dan sisanya 22% dipengaruh oleh faktor lainnya.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
 
Contributor
 
Date 2020-09-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2108
 
Source Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 2, No 1 (2020); 19-39
2579-5589
2614-4263
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2108/1119
 
Rights ##submission.copyrightStatement##