Record Details

IMPLEMENTASI MEDIA BLOOD SIRCULATION DALAM MENGIDENTIFIKASI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI MADRASAAH IBTIDAIYAH KESAMBEN JOMBANG

Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI MEDIA BLOOD SIRCULATION DALAM MENGIDENTIFIKASI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI MADRASAAH IBTIDAIYAH KESAMBEN JOMBANG
 
Creator Mutaqin, Imam
Amandasari, Devita
 
Subject Mengidentifikasi, Blood Sirculation, Ilmu Pengetahuan Alam
 
Description Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sistem peredaran darah manusia mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Kesamben Jombang yang menggunakan media Pembelajaran Blood Sirculation, dengan harapan siswa memiliki minat untuk mempelajari mata pelajaran IPA dengan mudah, karena media ini sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran maka dengan media pembelajaran Blood Sirculation yang lengkapi dengan sirkulasi peredaran darah dalam bentuk aliran-aliran darah melalui selang yang sudah di bentuk seperti organ tubuh yang dialiri darah, dengan simulasi ini sehingga siswa lebih tertarik dan mampu meningkatkan minat belajarnya agar proses belajar yang menyenangkan dapat mereka peroleh. Pelaksanaan penelitian ini dalam 2 tahap siklus. PenentuanĀ  siswa kelas V dari MI Kesamben JombangĀ  dengan jumlah siswa 20 terdiri dari 12 laki-laki, 8 perempuan sebagai subjek penelitian. Pada tahap pra-siklus guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga hanya 2 siswa yang mampu mencapai ketuntasan klasikal. Setelah diterapkannya media Blood Sirculation pada siklus 1 mengalami peningkatan dengan 12 siswa yang terampil. Pada siklus 2 kemampuan siswa mengalami peningkatan secara signifikan dibuktikan dengan rata-rata klasikal mencapai 78 dengan persentase ketuntasan 99,05%. Karena itu disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dalam mengidentifikasi sistem peredaran darah manusia dengan menggunakan media Blood Sirculation dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sistem peredaran darah manusia di MI Kesamben Jombang
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
 
Contributor
 
Date 2021-03-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2363
 
Source Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 2, No 2 (2020); 31-50
2579-5589
2614-4263
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2363/1210
 
Rights ##submission.copyrightStatement##