Record Details

PENGARUH PENGGUNAAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH PENGGUNAAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
 
Creator Nurjanah, Eka
Rahmawati, Venny Vidia
 
Subject metode, student facilitator explaining, hasil belajar siswa, pembelajaran bahasa Indonesia
 
Description Penggunaan metode mengajar bahasa Indonesia di   MI Hidayatush Shibyan kelas IV sesuai dengan prosedur yang dilakukan dan sesuai dengan penelitian yang diketahui dengan  observasi. Pembelajaran yang telah dilaksanakan dalam  pembelajaran komunikasi lewat telepon guru mapel menggunakan metode Student Facilitator and Explaining diharapkan agar peserta didik memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap secara aktif. Berdasarkan hasil penelitian melalui metode angket yang telah diisi oleh siswa didapati hasil yang ditunjukkan dari angket tentang metode Student Facilitator and Explaining terhadap  pencapaian  hasil  belajar  siswa  ada perubahan yaitu dari 27 siswa 74,07% atau 20 siswa mendapat nilai di atas KKM sedangkan yang lainnya berada dibawah KKM. Ada korelasi yang signifikan dari kedua variabel X dan Y dengan taraf signifikan  0,193  lebih  besar  dari  >  0,05.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa semakin  tinggi  metode  yang digunakan  maka akan semakin  tinggi pula pemerolehan hasil belajar siswa. Diketahui ada perbandingan nilai t hitung dengan  nilai  t  tabel  yang  berdasarkan  hasil  analisis  diperoleh  t  hitung sebesar 3,472, maka t hitung > t tabel ( 3,472 > 2,060 ), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh penggunaan metode Student Facilitator and Explaining  terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
 
Contributor
 
Date 2020-09-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2107
 
Source Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 2, No 1 (2020); 1-20
2579-5589
2614-4263
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2107/1118
 
Rights ##submission.copyrightStatement##