PENGARUH PENGGUNAAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH PENGGUNAAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
|
|
Creator |
Nurjanah, Eka
Rahmawati, Venny Vidia |
|
Subject |
metode, student facilitator explaining, hasil belajar siswa, pembelajaran bahasa Indonesia
|
|
Description |
Penggunaan metode mengajar bahasa Indonesia di MI Hidayatush Shibyan kelas IV sesuai dengan prosedur yang dilakukan dan sesuai dengan penelitian yang diketahui dengan observasi. Pembelajaran yang telah dilaksanakan dalam pembelajaran komunikasi lewat telepon guru mapel menggunakan metode Student Facilitator and Explaining diharapkan agar peserta didik memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap secara aktif. Berdasarkan hasil penelitian melalui metode angket yang telah diisi oleh siswa didapati hasil yang ditunjukkan dari angket tentang metode Student Facilitator and Explaining terhadap pencapaian hasil belajar siswa ada perubahan yaitu dari 27 siswa 74,07% atau 20 siswa mendapat nilai di atas KKM sedangkan yang lainnya berada dibawah KKM. Ada korelasi yang signifikan dari kedua variabel X dan Y dengan taraf signifikan 0,193 lebih besar dari > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi metode yang digunakan maka akan semakin tinggi pula pemerolehan hasil belajar siswa. Diketahui ada perbandingan nilai t hitung dengan nilai t tabel yang berdasarkan hasil analisis diperoleh t hitung sebesar 3,472, maka t hitung > t tabel ( 3,472 > 2,060 ), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh penggunaan metode Student Facilitator and Explaining terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-09-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
—
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2107
|
|
Source |
Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 2, No 1 (2020); 1-20
2579-5589 2614-4263 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2107/1118
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|