IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN MEDIA SMART TREE PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MI
Jurnal Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN MEDIA SMART TREE PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MI
|
|
Creator |
Ulwiyah, Nur
Munfarida, Eka Kholifatul |
|
Subject |
CTL, media smart tree, motivasi belajar siswa, akidah akhlak
|
|
Description |
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model CTL dan media smart tree dalam pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V agar bisa mencapai kategori motivasi belajar “baik”. Artikel ini adalah hasil penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes respon angket. Hasil penelitian motivasi belajar siswa sebelum penerapan model CTL dan media smart tree persentase motivasi belajar secara klasikal pada pra siklus sebesar 57% dengan kategori “cukup”, setelah penerapan model CTL dan media smart tree pada siklus I sebesar 66% dengan kategori “cukup” dan siklus II sebesar 80% dengan kategori “baik”. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL dan media smart tree untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran akidah akhlak di MISS Bandung I Diwek Jombang terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa”.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-09-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
—
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2556
|
|
Source |
Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 3, No 1 (2021); 16-38
2579-5589 2614-4263 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2556/1270
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|