Record Details

PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MIN REJOSO PETERONGAN JOMBANG

Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MIN REJOSO PETERONGAN JOMBANG
 
Creator ulwiyah, nur
sariroh, nailatus
 
Subject motivasi belajar siswa; metode sugestopedia; ips
 
Description Latar belakang masalah ini adalah bahwa banyak siswa kelas III.3 motivasi belajarnya masih dikategorikan “cukup” dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan metode sugestopedia dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas III.3 agar bisa mencapai kategori motivasi belajar “baik”. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian motivasi belajar siswa sebelum penerapan Metode sugestopedia persentase motivasi belajar secara klasikal pada pra siklus sebesar 62% dengan kategori “cukup”, setelah penerapan Metode sugestopedia  pada siklus 1 sebesar 73% dengan kategori “baik” dan siklus 2 sebesar 87% dengan kategori “baik” (lebih memuaskan). Dapat disimpulkan bahwa: “Penerapan metode sugestopedia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MIN Rejoso Peterongan Jombang’’ terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa”
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
 
Contributor
 
Date 2020-04-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/1901
 
Source Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 1, No 2 (2019); 24-38
2579-5589
2614-4263
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/1901/986
 
Rights ##submission.copyrightStatement##