Record Details

ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYAMBUNG HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN METODE SCRAMBLE AND DISCUSSION DI KELAS V MI AL HIDAYAH TUGUSUMBERJO PETERONGAN JOMBANG

Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYAMBUNG HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN METODE SCRAMBLE AND DISCUSSION DI KELAS V MI AL HIDAYAH TUGUSUMBERJO PETERONGAN JOMBANG
 
Creator Putra, Miftakhul Ilmi S
Wardani, Indra Kusuma
Rozi, Fatchur
 
Subject Metode Scramble, Diskusi, Kemampuan Menyambung Huruf Hijaiyah
 
Description Abstrak: Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menyambung hurufhijaiyah pada siswa kelas V MI Al Hidayah Tugusumberjo Peterongan Jombang.Penelitian dilaksanakan karena kemampuan siswa dalam menyambung hurufhijaiyah sangat rendah. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakankelas dengan dilakukan dua siklus yang sesuai dengan model dari Kurt Lewin.Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al HidayahTugusumberjo Peterongan Jombang sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah flow model. Observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata mencapai 63. Pada tahap siklus I kemampuan siswa dalam menyambung huruf hijaiyah mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 73,5. Pada siklus 2 kemampuan siswa dalam menyambung huruf hijaiyah kembali meningkat dengan nilai rata-rata 84,5. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Scramble and Discussion dapat meningkatkan kemampuan menyambung huruf hijaiyah pada siswa kelas V MI Al Hidayah Tugusumberjo Peterongan Jombang.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
 
Contributor
 
Date 2022-03-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2773
 
Source Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 3, No 2 (2021); 1-18
2579-5589
2614-4263
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2773/1337
 
Rights ##submission.copyrightStatement##