Record Details

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN SIKAP RELIGIUSITAS SISWA (Studi di SMP Unggulan Al-Ittihad Rejoslamet Mojowarno Jombang)

Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN SIKAP RELIGIUSITAS SISWA (Studi di SMP Unggulan Al-Ittihad Rejoslamet Mojowarno Jombang)
 
Creator A’la, M Zidni Nuron
Muklisin, Mukhlisin
 
Subject guru pendidikan agama islam, sikap religiusitas
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap religiusitas siswa di SMP Unggulan Al-Ittihad Rejoslamet Mojowarno, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang berdasarkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sikap religiusitas ini sangat penting bagi seorang siswa karena sikap religiuslah yang mana sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia terkhusus kepada peserta didik yang harus dilakukan untuk mengembangkan sikap religiusitas yang di alami siswa tersebut apabila siswa tersebut merasa kurang di dalam religiusitasnya. Menurut susilaningsih, Religiusitas atau rasa agama merupakan kristal nilai agama (religious conscience) dalam diri yang terdalam dari seseorang yang merupakan produk dari internalisasi nilai-nilai agama yang dirancang oleh lingkungannya. Seorang guru bukan hanya sekedar pemberi ilmu pengetahuan saja kepada siswanya di kelas, akan tetapi seorang guru merupakan tenaga professional yang sangat memperhatikan dalam segala aspek baik kognitif, maupun psikomotorik, dan seorang guru juga sangat berperan sekali bagi siswanya dalam segala hal mulai dari sikap, prilaku maupun keagamaan seorang siswa. Ada lima macam dimensi komitmen keberagamaan: 1. Praktik agama 2. Kayakinan 3.Pengalaman 4. Pengetahuan agama 5. Pengamalan dan Konsekuensi
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
 
Contributor
 
Date 2022-03-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2778
 
Source Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 3, No 2 (2021); 81-96
2579-5589
2614-4263
 
Language in
 
Rights ##submission.copyrightStatement##