Record Details

IMPLEMENTASI METODE JIGSAW DAN MEDIA DIORAMA KELAPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MI PADA MATA PELAJARAN TEMATIK

Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI METODE JIGSAW DAN MEDIA DIORAMA KELAPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MI PADA MATA PELAJARAN TEMATIK
 
Creator Ulwiyah, Nur
Mumayizah, Nanik
 
Subject jigsaw, media diorama Kelapa, hasil belajar, tematik
 
Description Implementasi dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode jigsaw dan media diorama Kelapa sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C pada mata pelajaran Tematik pemetaan IPS di MIN 3 Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan model Kemmis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C MIN 3 Jombang sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada tahap pra siklus, 12 siswa tuntas dengan rata-rata 69,22 dan prosentase ketuntasan 37,5 %. Pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 83,75 dengan prosestase ketuntasan 78,1% dan siklus 2 meningkat dengan prosentase 96,9 % dengan rata-rata 90,78. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw dan media diorama Kelapa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C MIN 3 Jombang
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang
 
Contributor
 
Date 2020-09-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2112
 
Source Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 2, No 1 (2020); 63-78
2579-5589
2614-4263
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/2112/1121
 
Rights ##submission.copyrightStatement##