Record Details

Pengaruh Pemberian Tambahan Jam Pelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Pemberian Tambahan Jam Pelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional
 
Creator Bakri, Bakri
Mukhlisin, Nurul Afif
 
Subject Penambahan Jam Pelajaran dalam Menghadapi Ujian Nasional
 
Description Pemberian tambahan jam pelajaran yakni proses pemberian bantuan kepada siswa agar dapat mengatasi masalah yang dihadapi dan untuk pendalaman materi, sehingga siswa dapat menjawab soal dengan baik. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 249 siswa MTs.N 11 Jombang data dikumpulkan menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas perbutir dihitung dengan rumus pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach'salpha. Pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian tambahan jam pejaran terhadap motivasi belajar, yang ditunjukkan dari harga t hitung yang diolah dengan bantuan SPSS 16 sebesar 0,685, sedangkan t tabel dengan N=106 pada taraf 5% sebesar 1,659 sehingga t hitung > t tabel (0,685>1.659). Selanjutnya ditemukan skor penambahan jam pelajaran termasuk dalam kategori baik dengan jumlah persentase sebesar 79,00% dan motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori cukup baik yaitu 63,89%.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2019-06-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1988
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 3, No 1 (2019): Juni; 68-96
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1988/1052
 
Rights ##submission.copyrightStatement##