Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Novel Sang Pendidik: Novel Biografi KH Abdul Ghofur Karya Aguk Irawan MN
Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Novel Sang Pendidik: Novel Biografi KH Abdul Ghofur Karya Aguk Irawan MN
|
|
Creator |
Farida, Nur
Solichin, Mujianto |
|
Subject |
Nilai, Pendidikan, Islam, Novel, Biografi.
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel “Sang Pendidik: Novel Biografi KH Abdul Ghofur” karya Aguk Irawan MN. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). sumber data penelitian nya berupa teks dalam novel itu sendiri. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik analisis data yaitu analisis isi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan: pertma, nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel “Sang Pendidik: Novel Biografi KH Abdul Ghofur”, adalah nilai pendidikan Aqidah (keimanan) yang meliputi iman kepada Allah, iman kepada Malaikat Allah, Iman kepada Kitab Allah, dan iman kepada Qadha dan Qadhar. Pendidikan Ibadah meliputi berdo’a kepada Allah, pernikahan, ibadah haji, membaca al-Qur’an, bersedekah, mencari ilmu dan mengamalkan ilmu. Pendidikan Akhlak meliputi sabar, bersyukur kepada Allah, tolong menolong, amar ma’ruf nahi munkar, tawadhu’ dan ikhtiyar. kedua, nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel ini antara lain, pendidikan Aqidah, Ibadah, dan Akhlak yang mempunyai relevansi dengan Pendidikan Islam.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-12-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
—
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2751
|
|
Source |
Jurnal Pendidikan Islam; Vol 4, No 2 (2020): Desember; 264-286
|
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2751/1331
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|