Record Details

Hubungan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot (PAIKEM GEMBROT) dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot (PAIKEM GEMBROT) dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK
 
Creator Ashari, Mohamad Yahya
Hamim, Sylvia Almahbubah
 
Subject PAIKEM GEMBROT, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
 
Description Dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran guru harus menguasai berbagai cara mengajar. PAIKEM GEMBROT sebagai acuan pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan Penelitian mendeskripsikan PAIKEM GEMBROT dalam pembelajaran PAI, pembelajaran PAI dan hubungan PAIKEM GEMBROT dengan pembelajaran PAI. Jenis penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis menggunakan rumus prosentase dan rumus korelasi product moment. Prosentase PAIKEM GEMBROT sebesar 39,17%, Sedangkan pembelajaran PAI sebesar 38,04%. Keduanya tergolong belum baik, karena termasuk kategori <40%-0%. Hasil Analisis korelasi product moment yaitu rhitung 0,990 dengan rtabel0,339 dengan taraf signifikansi 5% ini, berarti rhitung lebih besar dari pada rtabel (0,990 > 0,339) sehingga Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Disimpulkan, terdapat hubungan yang signifikan PAIKEM GEMBROT di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2018-06-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1971
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 1 (2018): Juni; 47-64
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1971/1033
 
Rights ##submission.copyrightStatement##