Record Details

Implementasi Pengelolaan Kelas Aktif Berbasis Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Pengelolaan Kelas Aktif Berbasis Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu
 
Creator Khasanah, Zahro’ Imroatul
As’ad, M. Zaimuddin Widjaja
 
Subject Implementasi, Pengelolaan Kelas Aktif, Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab.
 
Description Pendidikan tidak cukup hanya berhenti pada memberikan pengetahuan yang paling mutakhir, namun harus mampu membentuk dan membangun keyakinan dengan karakter yang kuat kepada setiap peserta didik sehingga mampu mengembangkan potensi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengelolaan kelas aktif berbasis karakter di SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang, apakah mampu membentuk pribadi siswa yang bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulannya bahwa pengelolaan kelas aktif berbasis karakter terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/penilaian yang mampu membentuk pribadi yang bertanggung jawab tidak hanya di kelas saat pembelajaran saja, tetapi di luar kelas dan di rumah. Hal ini dibuktikan dengan nilai rapot siswa pada ranah afektif yang selalu meningkat setiap semesternya.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2019-12-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2001
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 3, No 2 (2019): Desember; 289-310
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2001/1066
 
Rights ##submission.copyrightStatement##