Teori Humanistik dan Implikasi dalam Pembelajaran PAI di SMA Sains Alquran Yogyakarta
Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Teori Humanistik dan Implikasi dalam Pembelajaran PAI di SMA Sains Alquran Yogyakarta
|
|
Creator |
Mujib, Zulfikar
Suyadi, Suyadi |
|
Subject |
Teori Humanistik, Implikasi, PAI.
|
|
Description |
Penelitian ini mempunyai tujuan mendeskripsikan tentang teori belajar humanistik dan dampak bagi pembelajaran PAI. Metode yang digunakan field research atau penelitian yang menggunakan teknik analisis dan menyimpulkan. Perolehan data dari pencatatan buku dan jurnal. Hasil penelitian ini berupa pengertian teori belajar humanistik, tokoh belajar humanistik yang meliputi: biografi Abraham Maslow, teori belajar humanistik Abraham Maslow dan implikasi Teori Abraham Maslow dalam Pendidikan Agama Islam. Kesimpulan teori humanistik bertujuan memanusiakan manusia semanusiawi mungkin. Proses pembelajaran dinilai efektif bila peserta didik memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik dalam rangkaian pembelajaran hendaknya berupaya agar cepat atau lambat dia dapat mengaktualisasikan dirinya sebaik mungkin.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-06-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
—
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2116
|
|
Source |
Jurnal Pendidikan Islam; Vol 4, No 1 (2020): Juni; 11-23
|
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2116/1124
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|