Record Details

Studi Komparasi Tingkat Motivasi Belajar antara Mahasiswa yang Berasal dari Dalam dan Luar Daerah di Unipdu Jombang

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Studi Komparasi Tingkat Motivasi Belajar antara Mahasiswa yang Berasal dari Dalam dan Luar Daerah di Unipdu Jombang
 
Creator Hasunah, Umi
Jannah, Siti Nur
 
Subject Komparatif, motivasi belajar, asal daerah.
 
Description Motivasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam proses belajar. Keadaan motivasi tiap mahasiswa berbeda. Hal ini menjadikan adanya mahasiswa yang aktif dan pasif, sehingga hal ini butuh dipecahkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar antara mahasiswa yang berasal dari dalam dan luar daerah Jombang di Fakultas Agama Islam Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis penelitian ini menggunakan rumus presentase dan rumus SPSS uji t dua sampel saling bebas. Dari data penelitian dapat diketahui presentase motivasi belajar mahasiswa FAI yang berasal dari dalam Jombang sebesar 75.2%. Sedangkan motivasi mahasiswa FAI yang berasal dari luar Jombang sebesar 73.6%. Hasil analisis uji t hitung = 0.67 dan t table = 2.021 ternyata t hitung lebih kecil dari t tabel, sig. hitung = 0.103 lebih besar dari 0.05 artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan:”tidak terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar antara mahasiswa yang berasal dari dalam dan luar daerah Jombang di FAI Unipdu Jombang. Hal ini menunjukkan dengan adanya motivasi belajar yang tinggi dapat mendukung tercapainya tujuan utama pendidikan Islam.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2018-06-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1970
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 1 (2018): Juni; 22-46
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1970/1032
 
Rights ##submission.copyrightStatement##