Record Details

Metode Pembelajaran Taḥfīẓ Alquran di Pondok Pesantren Putri

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Metode Pembelajaran Taḥfīẓ Alquran di Pondok Pesantren Putri
 
Creator Dzakiyyah, Siti
Hasunah, Umi
 
Subject Metode, Taḥfīẓ Alquran, Kualitas Hafalan.
 
Description Menghafal Alquran merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia. Banyak keutamaan maupun manfaat yang diperoleh. maka untuk meningkatkan hafalan Alquran harus mempunyai metode yang tepat sehingga kualitas hafalan bertambah baik. Tujuan penelitian ini yaitu dapat mendeskripsikan metode pembelajaran taḥfīẓ Alquran, kualitas hafalan Alquran serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode pembelajaran taḥfīẓ Alquran di lembaga Madrasah Hifdhil Qur’an. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pembelajaran taḥfīẓ Alquran di lembaga Madrasah Hifdhil Qur’an menggunakan metode talaqqī. Dari tabel perhitungan nilai ujian santri terlihat bahwa kualitas hafalan santri 82% rata-rata mencakup kriteria baik dari jumlah 235 santri dengan nilai 70-79. Faktor pendukung dalam pelaksanaan metode talaqqī yaitu sarana dan prasarana yang memadai, dukungan pengasuh, motivasi dan dorongan dari ustaz. Faktor penghambat diantaranya santri kesulitan membagi waktu, kurang istikamah murāja‘ah, melemahnya semangat santri dalam proses menghafal dan gangguan asmara.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2020-06-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2122
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 4, No 1 (2020): Juni; 102-129
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2122/1129
 
Rights ##submission.copyrightStatement##