Record Details

Perkembangan dan Tantangan Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia Era Pandemi COVID-19

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perkembangan dan Tantangan Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia Era Pandemi COVID-19
 
Creator Trisusanti, Risma
Diantoro, Fery
 
Subject COVID-19, Tantangan, Aktualisasi, Pendidikan Islam.
 
Description Mengingat bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk membentuk peserta didik menjadi insan yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia, hal ini tidak lepas dari keberadaan pendidikan Islam, karena merupakan subsistem pendidikan nasional, namun pendidikan Islam merupakan mata pelajaran yang penting sebagai tema yang ditetapkan. . Sistem dan ketertiban harus disesuaikan dengan kondisi di masa pandemi. Kajian ini bertujuan untuk menggali paradigma pendidikan Islam yang selama ini kita kenal dan menjadi permasalahan utama dalam pemutakhiran pendidikan Islam di Indonesia di masa pandemi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu studi kepustakaan (library research) berdasarkan buku dan literatur lainnya. Peran pendidikan Islam harus disesuaikan dengan kebutuhan zaman, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan Islam dan kearifan lokal. Agar pendidikan Islam tidak kehilangan “penggemarnya”. Dalam hal ini, telah diterbitkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan pada Saat Perlunya Penyebaran COVID-19 dan Kementerian Agama selaku penanggung jawab penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam telah menerbitkan kurikulum darurat madrasah untuk mendukung pembelajaran di tengah Pandemi COVID-19.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2021-12-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2733
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 5, No 2 (2021): Desember; 50-65
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2733/1313
 
Rights ##submission.copyrightStatement##