Record Details

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Madogiwa No Totto-Chan Perspektif KH. Hasyim Asy’ari

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Madogiwa No Totto-Chan Perspektif KH. Hasyim Asy’ari
 
Creator Arifin, Arifin
Karimah, Ghunniyatul
 
Subject Nilai, Pendidikan, Karakter, Novel, Madogiwa no Totto-chan, KH. Hasyim Asy’ari.
 
Description Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter tidak hanya dengan memasukkan nilai-nilai karakter dalam rencana pelaksanaan pembelajaran saja tanpa menerapkannya. Karena pendekatan paling efektif dalam penanaman nilai-nilai karakter adalah dengan pemberian contoh secara langsung. Pendidikan karakter merupakan proses tiada henti, pemerintah boleh saja berganti, raja boleh saja turun tahta, namun pendidikan karakter bukanlah proses diawal dan diakhirnya saja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan persamaan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Madogiwa no Totto-chan dengan nilai-nilai pendidikan karakter perspektif KH. Hasyim Asy’ari. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi yaitu dengan menghimpun referensi terkait topik dan menganalisisnya.Hasil kajian memberi kesimpulan bahwa antara nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Madogiwa no Totto-chan dan KH.Hasyim Asy’ari tidak ada perbedaan.Keduanya sama-sama bertujuan untuk membentuk manusia insan kamil yang berkarakter dan berbudi luhur.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2018-06-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1981
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 2 (2018): Desember; 240-258
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1981/1044
 
Rights ##submission.copyrightStatement##