Peran Pembina Asrama dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren
Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peran Pembina Asrama dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren
|
|
Creator |
Basyaruddin, M. Ali
Khoiruddin, M. Arif |
|
Subject |
Pembina Asrama, Belajar Santri, Pondok Pesantren.
|
|
Description |
Pembelajaran di pondok pesantren tidak sepenuhnya berjalan lancar, banyak persoalan yang dihadapi santri saat mereka berada di asrama seperti muncul kejenuhan dalam belajar, timbul rasa malas, kebosanan, stress dan keletihan karena padatnya aktifitas kegiatan. Kehadiran dan peran pembina asrama sebagai kepanjangan tangan Kiai dibutuhkan untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada santri dalam menjalankan aktifitas sehari-hari di asrama sesuai dengan aturan yang ditetapkan pondok pesantren, mulai bangun tidur, salat berjamaah, belajar, musyawarah, jamiah, hafalan, sampai mereka tidur kembali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, tempat penelitian di Asrama Pondok Pesantren Lirboyo HM Putra Al-Mahrusiyah Kota Kediri. Sumber data didapatkan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan pembina asrama bertanggungjawab terhadap kegiatan santri di asrama di antaranya kegiatan jamiah, Sorogan kitab, pengajian Sorogan dan bandongan, musyawarah, lalaran kitab dan beberapa kegiatan wajib lainnya. Menurunnya belajar santri disebabkan pergaulan, kelelahan, minat santri yang berbeda-beda. Sedangkan upaya yang dilakukan pembina asrama dalam meningkatkan belajar dengan cara memberi nasihat, perhatian khusus dan hukuman.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-09-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
—
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2115
|
|
Source |
Jurnal Pendidikan Islam; Vol 4, No 1 (2020): Juni; 1-10
|
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2115/1123
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|