Record Details

Implementasi Metode Card Short dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Bidang Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Metode Card Short dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Bidang Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah
 
Creator Hakim, Dhikrul
Nikmah, Fharikhatun
 
Subject Metode card short, prestasi belajar siswa, Alquran Hadis.
 
Description Sebagian besar metode, suasana pembelajaran di sekolah yang diterapkan guru tampaknya belum efektif untuk memotivasi peserta didik dikarenakan guru belum menguasai karakteristik siswa, guru tidak bisa meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dilaksanakan metode card short, penerapan metode card short, Peningkatan prestasi belajar siswa bidang studi Alquran Hadis setelah menggunakan metode card short di MTs Darul Ulum Sumberpeganten Jogoroto Jombang. Jenis penelitian tindakan kelas dari teori Kurt Lewin terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII sebanyak 24 siswa. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data flow model dengan reduksi data, penyajian data kesimpulan. Hasil Penelitian Prestasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 25%siklus I meningkat sebesar 62,5% dan siklus II meningkat sebesar 87,5%. Maka penggunaan metode card short dapat meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi Alquran Hadis pada kelas VIII MTs Darul Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2018-06-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1969
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 1 (2018): Juni; 1-21
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1969/1031
 
Rights ##submission.copyrightStatement##