Record Details

Studi Perbandingan Hasil Belajar Fikih antara Siswa yang Tinggal di Pondok dengan yang di Luar Pondok

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Studi Perbandingan Hasil Belajar Fikih antara Siswa yang Tinggal di Pondok dengan yang di Luar Pondok
 
Creator Rukhoiyah, Sarifah
As’ad, M. Zaimuddin W.
 
Subject Perbandingan, Hasil Belajar, Fikih, Pondok Pesantren.
 
Description Hasil belajar tercapai setelah adanya pembelajaran dan perubahan dari pembelajaran yang mana mengantarkan peserta didik untuk menambah dan mengembangkan pengetahuan yang bermanfaat, hasil belajar menentukan apakah benar pemahaman telah atau belum di dapat oleh peserta didik, hasil belajar juga dipergunakan sebagai alat ukur keberhasilan bagi guru pengajar. Pembelajaran Fikih merupakan salah satu dasar dari agama Islam sebagai panduan untuk melakukan sebuah ibadah, pembelajaran Fikih yang diajarkan di dalam dan di luar pondok memiliki perbedaan yang signifikan sehingga mempengaruhi tingkat pemahaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil perbandingan dari perbedaan hasil belajar Fikih antara siswa yang tinggal di pondok dengan siswa yang tinggal di luar pondok pada kelas XI-IPA MAN 2 Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisa data dengan rumus uji-t independent-samples t-test, dari analisis tersebut memperoleh hasil adanya perbedaan antara hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa yang tinggal di pondok dengan siswa yang di luar pondok dikelas XI-IPA MAN 2 Jombang, dari perbandingan nilai t hitung dengan t tabel yang mendapatkan hasil sebesar 4,171 > 1,9916 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga jika dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar dapat disimpulkan bahawa siswa yang tinggal di pondok mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan siswa yang tinggal di luar pondok.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2020-06-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2121
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 4, No 1 (2020): Juni; 79-101
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2121/1128
 
Rights ##submission.copyrightStatement##